STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS III DI SDIT IQRA 2 KOTA BENGKULU

Turohmi, Ulfa (2023) STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS III DI SDIT IQRA 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
ULFA TUROHMI _ 1911240203.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa keingin tahuan tentang Strategi Guru Tahfiz Dalalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas III Di SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu. Penelitian bertujuan untuk menelaah pertama mengetahui strategi guru tahfiz, kedua penguatan hafalan Al-Qur’an Peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta untuk analisi data melalui tiga tahapan yaitu tahapan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh guru tahfiz yaitu dengan strategi metode IWR (Ilman wa ruuhan) dan Talaqqi. Yaitu caranya guru menggunakan alat peraga Al-Qur’an mencontohkan bacaan ayat kemudian peserta didik menirukan bacaan yang diucapkan sampai benar. Dilanjutkan dengan talaqqiayat Al-Qur’an proses mengafal dan setoran ayat yang sudah dihafal. Strategi guru yang dihasilkan dalam penguatan hafalan Al-Qur’an, pertama, pengucapan huruf dan bacaan yang benar sesuai, terlihat dari cara siswa mengucapkan atau membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Kedua, siswa paham dengan ilmu tajwid, terlihat dari bagaimana siswa menerapkan hukum-hukum tajwid ke dalam bacaan yang sedang dibaca. Ketiga, sudah banyak siswa yang sudah selesai hafal juz 30. Kesimpulan bahwa penggunaan strategi IWR (Ilman Wa Ruuhan) dan Talaqqi sangat efektif digunakan dalam penguatan penghafalan Al-Qur’an peserta didik kelas III Di SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorLukman, Lukman19700525000031003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Asmara Yumarni, M.Ag Pembimbing II : Drs. Lukman, SS, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Tahfiz, Penguatan Hafalan Al-Qur’an, SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:30
Last Modified: 31 Aug 2023 02:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item