Desda Yani, Yetri (2023) PERBANDINGAN SISWA YANG MEMILIKI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELEGENCES) DENGAN KECERDASAN EMOSI (EMOTIONAL INTELEGENCES) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SD NEGERI 04 KECAMATAN SEBERANG MUSIKABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI YETRI DESDA YANI_1911240235.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan majemuk (multiple intelegences) dengan kecerdasan emosi (emotional intelegences) terhadap hasil belajar IPA Kelas V Di SD Negeri 04 Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Dan untuk mengetahui perbandingan siswa yang memiliki kecerdasan majemuk (multiple intelegences) dengan kecerdasan emosi (emotional intelegences) terhadap hasil belajar IPA Kelas V Di SD Negeri 04 Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I sampai VI SD Negeri 04 Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 40 orang siswa Di SD Negeri 04 Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, tes soal, angket, dan dokumentasi.. Hipotesis pada penelitian ini menggunakan hipotesis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian peneliti, dari angket variabel X dan variabel Y, Berdasarkan analisis data diperoleh perbedaan antara Kecerdasan Majemuk ( Multiple Intelegences) dengan Kecerdasan Emosi ( Emotional Intelegences) terhadap hasil belajar IPA yang di tunjukkan dengan hasil penelitian, hasil belajar IPA siswa kelas V antara kelompok kecerdasan majemuk (multiple intelegences) dengan nilai rata-rata yaitu 76,36 dan kelompok kecerdasan emosi (emotional intelegences) dengan nilai rata-rata yaitu 68,88. Perhitungan nilai t dibandingkan dengan dk 38, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = 2,024. Dengan demikian, thitung < ttabel (3,96 < 2,024) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Khermarinah, M.Pd.I, Pembimbing II: Salamah, SE, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences), Kecerdasan Emosi (Emotional Intelegences, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2023 02:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2023 02:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1071 |
Actions (login required)
View Item |