Dini, Ade (2023) Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) dalam Meningkatkan Minat Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (SKRIPSI)
Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB II.pdf Download (825kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
ADE DINI_NIM. 1911140080.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk gadai emas (rahn) dalam meningkatkan minat nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2 serta mengetahui kendala dalam meningkatkan minat nasabah pada produk gadai emas (rahn) di Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari 2 orang dari pihak bank yaitu Pawning Sales Officer (PSO) dan Pawning Appraisal (PA) serta 3 orang nasabah Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2. Pemilihan informan diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2 dalam meningkatkan minat nasabah yaitu menggunakan strategi 4P. Product (produk), dengan membuat solusi pendanaan yang cepat, praktis, aman dan sesuai syariah. Price (harga) yaitu penetapan strategi harga produk gadai emas dengan cara memberikan biaya ijarah yang murah serta uang pinjaman yang besar. Place (tempat) kantor cabang yang strategis dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan. Promotion (promosi) yaitu dengan cara melakukan sosialiasasi ke berbagai instansi, datang langsung ke pasar dan perkantoran, menyebarkan brosur, pemasangan spanduk, banner, dan juga melalui sosial media. Kemudian kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi pemasaran yaitu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan adanya produk gadai emas (Rahn) di Bank Syariah Indonesia dan persaingan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEMBIMBING 1 : Eka Sri wahyuni PEMBIMBING 2 : Faisal Muttaqinn | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Produk Gadai Emas (Rahn), Minat Nasabah | ||||||||||||
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2023 07:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2023 07:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
View Item |