Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) dalam Meningkatkan Minat Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2)

Dini, Ade (2023) Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) dalam Meningkatkan Minat Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB II.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ADE DINI_NIM. 1911140080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk gadai emas (rahn) dalam meningkatkan minat nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2 serta mengetahui kendala dalam meningkatkan minat nasabah pada produk gadai emas (rahn) di Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari 2 orang dari pihak bank yaitu Pawning Sales Officer (PSO) dan Pawning Appraisal (PA) serta 3 orang nasabah Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2. Pemilihan informan diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman 2 dalam meningkatkan minat nasabah yaitu menggunakan strategi 4P. Product (produk), dengan membuat solusi pendanaan yang cepat, praktis, aman dan sesuai syariah. Price (harga) yaitu penetapan strategi harga produk gadai emas dengan cara memberikan biaya ijarah yang murah serta uang pinjaman yang besar. Place (tempat) kantor cabang yang strategis dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan. Promotion (promosi) yaitu dengan cara melakukan sosialiasasi ke berbagai instansi, datang langsung ke pasar dan perkantoran, menyebarkan brosur, pemasangan spanduk, banner, dan juga melalui sosial media. Kemudian kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi pemasaran yaitu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan adanya produk gadai emas (Rahn) di Bank Syariah Indonesia dan persaingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSri wahyuni, Eka19770509200812014UNSPECIFIED
Thesis advisorMuttaqinn, Faisal198701282019031007UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING 1 : Eka Sri wahyuni PEMBIMBING 2 : Faisal Muttaqinn
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Gadai Emas (Rahn), Minat Nasabah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:49
Last Modified: 31 Aug 2023 07:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item