Hasibuan, Widawati
(2022)
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN
JIGSAW PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA DI KELAS IV MADRASAH
IBTIDAIYAH AL-ISLAM KOTA BENGKULU.
Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik pasif
selama kegiatan pembelajaran disebabkan oleh metode
pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif cenderung
monoton sehingga hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB
masih rendah di bawah KKM. Adapun rumusan masalah
penelitian ini yakni bagaimana perencanaan, bagaimana
pelaksanaan dan bagaimana evaluasi dengan diterapkannya
metode pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran matematika
materi KPK dan FPB di kelas IV. Jenis dan pendekatan yang
digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Sumber data primer
pada penelitian yakni guru matematika kelas IV D dan siswa
kelas IV D dan data sekunder yakni guru matematika kelas IV,
siswa kelas IV dan kepala sekolah. Pengumpulan data yang
dilakukan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian yang ditemukan peneliti dapat disimpulkan bahwa
tahap perencanaan, awalnya menggunakan pohon faktor hasil
belajar rendah kemudian menggunakan metode pembelajaran
jigsaw. Pelaksanaan metode pembelajaran jigsaw pada mata
pelajaran matematika tersebut peneliti memperoleh hasil
penelitian bahwa banyak siswa yang sudah mencapai
KKM. Metode pembelajaran jigsaw dari kelompok kecil
menjadikan siswa memiliki keberanian menyampaikan pendapat
dan yang lebih mengerti bisa mengajarkan teman yang belum
mengerti sehingga siswa lebih aktif. Evaluasi hasil diterapkannya
metode pembelajaran jigsaw mata pelajaran matematika materi
KPK dan FPB dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Dibuktikan dengan aspek- aspek proses belajar mengajar lebih
baik dan siswa mendapat nilai dengan lebih dari atau sama
dengan memenuhi KKM yaitu 70.
Actions (login required)
|
View Item |