PENGARUH METODE JIBRIL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS II DI MI HIDAYATUL HASANIYYAH KOTA BENGKULU

HASANAH, SITI TRIASTUTI (2023) PENGARUH METODE JIBRIL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS II DI MI HIDAYATUL HASANIYYAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SITI TRIASTUTI HASANAH_1911240144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik masih kurang diperhatikan oleh guru sehingga tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik masih dikatan rendah. Penerapan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran Al�Qur’an adalah metode jibril, yang mana dengan menggunakan metode tersebut dapat mempermudahkan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu juga metode jibril dapat mempermudah pengajar dalam proses pembelajaran yang mana mampu membuat siswa fasih dan lancar dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode jibril terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al�Qur’an Hadits kelas II di MI Hidayatul Hasaniyyah Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan design quasi eksperimen, bentuk nonequivqlent control group design dengan sampel 30 siswa/siswi. metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, test lisan (praktik) membaca Al-Qur’an dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai �ℎ ����� adalah 4,30 dan ������ adalah 2,048. Karena �ℎ ����� > ������ maka �� ditolak dan �� diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode jibril terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an pada mata pelajaran Al- Qur'an hadits kelas ll di MI Hidayatul Hasaniyyah kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805151997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian2003038101UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr.Hj.Khairiah,M.pd pembimbing II: Betti Dian Wahyuni,M.Pd.Mat
Uncontrolled Keywords: Metode Jibril, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:52
Last Modified: 01 Sep 2023 06:52
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item