ELENSI, DEBI
(2022)
STRATEGI GURU IPA DALAM MENERAPKAN
PAIKEM GEMBROT BAGI SISWA KELAS V DI
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KAUR.
Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurang
aktifnya peserta didik selama proses pembelajaran yang
disebakan oleh beberapa faktor siswa yakni karakter siswa, sikap
dan perilaku, minat dan bakat siswa, daya serap siswa, kurangnya
disiplin siswa, siswa yang pasif dikarenakan merasa malu dalam
diskusi, tidak tenang dalam kelas, sarana dan prasarana yang
kurang memadai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru IPA kelas
V dalam menerapkam PAIKEM GEMBROT bagi siswa kelas V
yang menyampaikan materi berupa diskusi, ceramah, diskusi dan
demonstrasi. Faktor pendukung guru IPA kelas V dalam
menerapkan PAIKEM GEMBROT bagi siswa kelas V, faktor
penghambat yang dihadapi guru IPA kelas V dalam menerapkan
PAIKEM GEMBROT bagi siswa kelas V. Jenis dan pendekatan
yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Has
il dari penelitian ini bahwa strategi guru menggunakan PAIKEM
GEMBROT dalam proses pembelajaran sangat tepat dikarenakan
peserta didik menjadi lebih tertarik untuk memperhatikan dan
memahami penjelasan materi dari guru, juga lebih aktif daripada
sebelumnya. Faktor pendukung dalam strategi guru PAIKEM
GEMBROT yakni guru IPA menggunakan sumber pelajaran
dalam kegiatan pembelajaran menggunakan buku paket, buku
panduan pendidik, dan mengakses internet. Adapun faktor
penghambat yang dialami selam proses kegiatan pembelajaran
bukan hanya berasal dari siswa, melainkan terdapat juga dari
pihak sekolah seperti sarana prasarana kurang memadai, guru,
maupun lingkungan sekitar.
Actions (login required)
|
View Item |