PENDIDIKAN KARAKTER THOMAS LICKONA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

FADILLA, ROHAYU (2023) PENDIDIKAN KARAKTER THOMAS LICKONA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
BAB I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (Thesis)
ROHAYU_TESIS_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dari berita-berita kriminalisasi yang dilakukan anak usia dini terlihat bahwa pendidikan karakter anak belum terbentuk secara baik, pada dasarnya Thomas Lickona sudah membahas tentang pendidikan karakter dan sejalan dengan pendidikan Islam anak usia dini dalam Q.S Luqman ayat 14-18 membahas tentang pendidikan karakter anak usia dini. Maka peneliti berasumsi bahwa Thomas Lickona sejalan dengan Pendidikan Islam anak usia dini. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pendidikan karakter Thomas Lickona dalam tinjauan pendidikan Islam anak usia dini dengan pertanyaan sebagai berikut: 1) bagaimana pendidikan karakter menurut Thomas Lickona? 2) bagaimana pemikiran Thomas Lickona tentang pendidikan karakter dalam tinjauan pendidikan Islam anak usia dini?. Penelitian ini adalah pendekatan Library Research, karena penelitian ini yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Data penelitian hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Thomas Lickona berpendapat bahwa pendidikan karakter berkaitan dengan 1) pengetahuan moral sebagai kapasitas untuk memahami, mempertmbangkan dan memutuskan apa yang harus dilakukan. 2) perasaan moral yaitu menumbuhkan kecintaan pada perilaku yang baik pada anak-anak yang akan memberi mereka dorongan untuk berperilaku baik. 3) Tindakan moral yaitu memiliki ciri moral intelektual dan emosional yang cenderung bertindak sesuai dengan apa yang mereka ketahui sebagai hal yang benar untuk dilakukan. Sedangkan pendidikan Islam anak usia dini dengan pendidikan karakter Thomas Lickona sangatlah relevan dengan Q.S Luqman dan H.R Bukhari, mengingat Thomas Lickona juga mengendepankan pendidikan moral pada setiap manusia, seperti yang terdapat dalam Q.S Luqman ayat 14-18 dan H.R Bukhari tentang larangan berbohong. Meskipun pendidikan karakter Thomas Lickona dan Pendidikan Islam terdapat persamaan dan perbedaan seperti, sumber dasar, penerapan, namun keduanya memiliki tujuan sama yaitu sebagai pembiasaan agar anak memiliki karakter yang lebih baik dan nantinya akan bermanfaat dimasa depannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHusnul Bahri, Husnul19621124200604102UNSPECIFIED
Thesis advisorAlimni, Alimni197504102007102005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Husnul Bahri, M.Pd pembimbing II:Dr. Alimni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Thomas Lickona, Pendidikan Islam, Anak Usia Dini.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:33
Last Modified: 04 Sep 2023 07:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item