METODE CERITA ISLAMI UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD CERDAS DESA SUKA BULAN KECAMATAN TALO KECIL KABUPATEN SELUMA

Setiany, Meilan Syahma (2023) METODE CERITA ISLAMI UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD CERDAS DESA SUKA BULAN KECAMATAN TALO KECIL KABUPATEN SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (skripsi)
1811250002 FTT PIAUD MEILAN SYAHMA SETIANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode cerita islami dalam menanamkan nilai-nilai moral agama pada anak usia 5-6 Tahun yang ada di PAUD Cerdas Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma 2) untuk mendeskripsikan perubahan nilainilai moral agama dalam penerapan metode cerita islami untuk anak usia 5-6 Tahun yang ada di PAUD Cerdas Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode cerita Islami di PAUD Cerdas Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma sudah berjalan dengan baik dan sesuai degan tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan di PAUD tersebut. metode cerita islami berupa kisah nabi para nabi, sahabat nabi dan Cerita lain dengan metode cerita dengan cara bercerita secara langsung, bercerita menggunakan buku bergambar, dan menggunakan boneka tangan. Dalam pelaksanaan metode cerita islami dalam pembelajaran pemilihan cerita disesuaikan dengan RPPH yang telah ada. Adapun perubahan dari metode cerita pada anak adalah anak membiasakan diri untuk menerapkan nilai-nilai moral agama yang terkandung dalam cerita. Sedangkan penerapan yang ada selama mengimplementasikan Metode Cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai moral agama adalah kesulitan dalam menyesuaikan materi dalam metode cerita islami dengan yang ada di RPPH yang ada. Implikasi Penelitian ini ditujukan bagi lembaga pendidikan untuk senantiasa meningkatkan upaya dalam peningkatan mutu pendidikan agar menjadi lebik secara kualifikasi maupun kompetensi sebagai wujud profesional pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini agar mampu xi memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan kecerdasan anak teruma dengan menggunakan metode cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorsukarno, sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorsaltifa, poni2014079102UNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing I Dr.Sukarno,M.Pd pembimbing II Poni Saltifa,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita Islami, Nilai-Nilai Moral Agama
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:45
Last Modified: 04 Sep 2023 07:45
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item