PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Octavia, Mita (2023) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
MITA OCTAVIA_NIM 1911240064.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Di SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Salah satu penilaian hasil belajar siswa yaitu penilaian sikap, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan yang menybutkan bahwa penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskripsi mengenai prilaku peserta didik. Berbagai masalah terjadi akibat kurang berkembangnya sikap sosial yang baik di kehidupan terutama di sekolah. Seperti kasus beredarnya video kekerasan sejumlah siswa yang terjadi di sekolah. Kasus kekerasan tersebut menggambarkan sikap tanggung jawab siswa yang tidak baik. Sebagai seorang siswa di sekolah seharusnya dapat menjalankan tanggung jawab sebagaimana mestinya. Guru sebagai sosok yang menjadi teladan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan sikap sosial siswa. jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kulitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepalah Sekolah, guru dan siswa kelas 5A SD Negeri 20 kota bengkulu. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriftif kualitatif model interaktif Milles dan Michael Huberman. Di SD Negeri 20 kota Bengkulu terdapat beberapa peran yang dilakukan guru dalam mengembangkan sikap sosial yaitu: (1) ada beberapa peran guru yang sudah dilakukan di kelas 5A dalam mengembangkan sikap sosial yaitu: guru sebagai demonstrator, pengelolah kelas, motivator, fasilitator, komunikator, motivator, inspirator, pendidik dan evaluator. (2) sikap sosial yang dikembangkan oleh guru di kelas 5A yaitu: jujur, disiplin, santun, peduli, tanggung jawab, percaya diri. (3) kendala yang dialami guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa di kelas 5A yaitu : faktor internal (genetika) dan faktor eksternal (lingkungan). (3) dampak positif peran guru terhadap perubahn sikap sosial siswa di kelas x 5A diantaranya: jujur, peduli, percaya diri, tanggung jawab, santun dan kerja sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorKomala, Resti2020038802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Buyung Surahman, M.Pd Pembimbing II : Resti Komalah Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Mengembangkan Sikap Sosial
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:58
Last Modified: 05 Sep 2023 02:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item