Octavia, Mita (2023) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
MITA OCTAVIA_NIM 1911240064.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Di SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Salah satu penilaian hasil belajar siswa yaitu penilaian sikap, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan yang menybutkan bahwa penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskripsi mengenai prilaku peserta didik. Berbagai masalah terjadi akibat kurang berkembangnya sikap sosial yang baik di kehidupan terutama di sekolah. Seperti kasus beredarnya video kekerasan sejumlah siswa yang terjadi di sekolah. Kasus kekerasan tersebut menggambarkan sikap tanggung jawab siswa yang tidak baik. Sebagai seorang siswa di sekolah seharusnya dapat menjalankan tanggung jawab sebagaimana mestinya. Guru sebagai sosok yang menjadi teladan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan sikap sosial siswa. jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kulitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepalah Sekolah, guru dan siswa kelas 5A SD Negeri 20 kota bengkulu. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriftif kualitatif model interaktif Milles dan Michael Huberman. Di SD Negeri 20 kota Bengkulu terdapat beberapa peran yang dilakukan guru dalam mengembangkan sikap sosial yaitu: (1) ada beberapa peran guru yang sudah dilakukan di kelas 5A dalam mengembangkan sikap sosial yaitu: guru sebagai demonstrator, pengelolah kelas, motivator, fasilitator, komunikator, motivator, inspirator, pendidik dan evaluator. (2) sikap sosial yang dikembangkan oleh guru di kelas 5A yaitu: jujur, disiplin, santun, peduli, tanggung jawab, percaya diri. (3) kendala yang dialami guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa di kelas 5A yaitu : faktor internal (genetika) dan faktor eksternal (lingkungan). (3) dampak positif peran guru terhadap perubahn sikap sosial siswa di kelas x 5A diantaranya: jujur, peduli, percaya diri, tanggung jawab, santun dan kerja sama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Buyung Surahman, M.Pd Pembimbing II : Resti Komalah Sari, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Mengembangkan Sikap Sosial | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2023 02:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2023 02:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
View Item |