STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA BERBASIS KEDISIPLINAN DI SDN 32 KOTA BENGKULU

Shaputra, Monica (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA BERBASIS KEDISIPLINAN DI SDN 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
MONICA SHAPUTRA_1911240204.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, Untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa di SDN 32 Kota Bengkulu, Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kenakalan di SDN 32 Kota Bengkulu, untuk mengetahui strategi guru mengatasi kenakalan siswa berbasis kedisiplinan di SDN 32 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan peneliti ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan verifikasi. Berdasarkan analisis data di simpulkan bahwa, bentuk-bentuk kenakalan di SDN 3 Kota Bengkulu yaitu: bertengkar dengan teman, berkata kotor, mengganggu teman, merusak benda milik sekolah, faktor-faktor penyebab terjadinya kenakalan siswa di SDN 32 Kota Bengkulu yaitu: pertama, faktor lingkungan keluarga diantaranya, kurangnya perhatian orang tua kepada siswa, dan terlalu memanjakan anak. Kedua, faktor lingkungan masyarakat diantaranya, adanya kemajuan teknologi yang disalahgunakan. Ketiga lingkungan sekolah yaitu kondisi siswa di sekolah yang kurang mendukung, misalnya dari teman bergaulnya, dimana seorang siswa sangat mudah terpengaruh oleh temannya. Strategi guru dalam mengatasi kenakalan siswa berbasis kedisiplinan yaitu, dengan memberikan nasihat atau teguran kepada siswa, Menanamkan nilai-nilai agama kepada siswa, memberikan solusi kepada siswa, memberikan hukuman kepada siswa, dan menerapkan buku point. Hasil perubahan siswa terhadap strategi yang diterapkan guru dalam mengatasi kenakalan siswa berbasis kedisiplinan ialah siswa menunjukkan perubahan tingkah laku yang baik yakni berkurangnya kenakalan yang dilakukan siswa. Hal ini timbul dari dalam diri siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorKomala, Resti2020038802UNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing I: Dr. Buyung Surahman, M.Pd, pembimbing II : Resti Komala Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: strategi guru, kenakalan siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:01
Last Modified: 05 Sep 2023 03:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item