UTARI PUTRI, SEPTI
(2023)
ANALISIS ANTARA SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
DENGAN METODE DISKUSI UNTUK KELAS VII
MTS PANCASILA KOTA BENGKULU.
Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.
Preview |
|
Text (Skripsi)
SEPTI UTARI PUTRI NIM. 1911260044.pdf
- Submitted Version
Download (3MB)
| Preview
|
Abstract
Sikap Ilmiah siswa dalam memecahkan masalah
khususnya dalam menghasilkan prestasi belajar melalui mata
pembelajaran IPA, ditunjukkan dari nilai lembar kerja siswa
(LKS) belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan
dan menganalisis sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada
pembelajaran IPA kelas VII MTS Pancasila Kota Bengkulu.
Menggunakan metode diskusi dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, dengan memberikan pertanyaan dan di jawab oleh
responden yang berjumlah 12 orang siswa. Hasil penelitian
menunjukan bahwa sikap ilmiah siswa kelas VII MTs Pancasila
Kota Bengkulu dengan materi klasifikasi mahluk hidup secara
umum dapat di kategorikan baik dengan nilai 68,5. Aspek berfikir
kritis merpakan sikap ilmiah dengan rata-rata terendah dengan
nilai 45,5, salah satu indikatornya cukup sementara indikator
aspek yang lainnya di kategorikan baik dengan nilai 66,5. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa untuk sikap ilmiah dan
prestasi belajar pada pembelajaran IPA dengan metode diskusi
dalam kesiapan pembelajaran siswa masih rendah dan terdapat
pengaruh oleh temannya
Actions (login required)
|
View Item |