IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DI SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU

Nurmuslimah, Nurmuslimah (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DI SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
ANNISA AULIA NURMUSLIMAH_1911210029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya permasalahan disekolah seperti siswa berkata kasar, pembuliyan, perkelahian, mencotek. Salah satu upaya yang dapat diupayakan dalam mengatasi nilai tersebut adalah melaksanakan pendidikan aklak disekolah. Budaya sekolah menjadi jembatan untuk penerapan pendidikan akhlak. SDIT Iqra 2 kota Bengkulu sekolah yang menerapkan nilai akhlak yaitu ibadah dan akhlak melalui penerapan sekolah, namun dalam penerapannya masih terdapat masalah dan faktor penghambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi pendidikan akhlak di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu, Apa faktor pendukung dan penghambat implemantasi pendidikan akhlak di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan akhlak di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat nilai akhlak yang diimplementasikan melalui budaya ide, perilaku dan artifak di SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Dalam pengimplementasiannya masih banyak terdapat permasalahan internal, faktor pendukung internal dan faktor penghambat eksternal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasiannya pendidikan akhlak masih ada masalah dan hambatan yang harus terpecahkan oleh pihak SDIT Iqra 2 kota Bengkulu. Saran dalam penelitian ini adalah kepada kepala sekolah untuk terus melakukan pengawasan dan peningkatan pelaksanaan pendidikan akhlak dari berbagai aspek. Kepada guru kelas dan guru pendamping untuk terus meningkatkan kompetensi diri dalam penanaman dan pelaksanaan pendidikan akhlak pada siswa seperti lebih kreatif dalam pemberian hukuman / punishment untuk siswa, dan untuk orangtua diharapkan memahami pentingnya penanaman dan pembiasaan pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak ketika diluar jam sekolah, wajib bagi orangtua memahami pendidikan akhlak bukan semata-mata tugas sekolah saja, ada andil orangtua yang sangat penting sebagai tripusat pendidikan karakter agar pendidikan akhlak tersampaikan secara maksimal pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi198102212009011013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Prof. Dr. Zubaedi, M. Ag, M. Pd. Pembimbing 2: Adi Saputra, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Guru dan Peserta didik
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:55
Last Modified: 05 Sep 2023 07:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item