Rahmawati, Putri (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SDN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
PUTRI RAHMAWATI _ 1911240136.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru terkesan kurang bervariasi dan kreatif, ketersampaian hasil dalam pembelajaran Matematika dinilai masih cukup rendah, minimnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran,serta keaktifan peserta didik dikelas cenderung rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas dari penggunaan metode Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa kelas rendah (III). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 24 Kota Bengkulu dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling (pengambilan sampel secara sengaja).Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan pengolahan data Uji Paired Sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,05 untuk pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 69,10 dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,39. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest menunjukkan angka 69,64 dan rata-rata nilai posttest sebesar 76,43. Artinya jika dilakukan suatu perbandingan antara dua pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka terdapat selisih nilai yang cukup signifikan yaitu sebesar 2,5 dimana pada kelas eksperimen lebih unggul 2,5 yang menggunakan metode Ice Breaking dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti Penggunaan metode Ice Breaking efektif digunakan untuk meningktakan hasil belajar siswa kelas III di SDN 24 Kota Bengkulu pada mata pelajaran Matematika dengan materi “operasi nilai tempat bilangan serta alat dan satuan ukur berat”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.Irwan Satria,M.Pd, Pembimbing II : Budrianto.S.Sn.,M.Sn | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Ice Breaking, Hasil belajar siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 01:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2023 01:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1399 |
Actions (login required)
View Item |