EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SDN 24 KOTA BENGKULU

Rahmawati, Putri (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SDN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
PUTRI RAHMAWATI _ 1911240136.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru terkesan kurang bervariasi dan kreatif, ketersampaian hasil dalam pembelajaran Matematika dinilai masih cukup rendah, minimnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran,serta keaktifan peserta didik dikelas cenderung rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas dari penggunaan metode Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa kelas rendah (III). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 24 Kota Bengkulu dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling (pengambilan sampel secara sengaja).Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan pengolahan data Uji Paired Sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,05 untuk pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 69,10 dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,39. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest menunjukkan angka 69,64 dan rata-rata nilai posttest sebesar 76,43. Artinya jika dilakukan suatu perbandingan antara dua pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka terdapat selisih nilai yang cukup signifikan yaitu sebesar 2,5 dimana pada kelas eksperimen lebih unggul 2,5 yang menggunakan metode Ice Breaking dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti Penggunaan metode Ice Breaking efektif digunakan untuk meningktakan hasil belajar siswa kelas III di SDN 24 Kota Bengkulu pada mata pelajaran Matematika dengan materi “operasi nilai tempat bilangan serta alat dan satuan ukur berat”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorBudiarto, Budiarto2028089103UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Irwan Satria,M.Pd, Pembimbing II : Budrianto.S.Sn.,M.Sn
Uncontrolled Keywords: Metode Ice Breaking, Hasil belajar siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:35
Last Modified: 06 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item View Item