PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI, RELIGIUSITAS DAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING GURU PAI TERHADAP INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MTsN DI KOTA BENGKULU

Matridi, Matridi (2022) PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI, RELIGIUSITAS DAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING GURU PAI TERHADAP INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MTsN DI KOTA BENGKULU. PhD thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Disertasi)
disertasi matridi untuk di burning.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh manajemen pembelajaran PAI, religiusitas dan psychological well being guru PAI terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam serta Kepala Madrasah berjumlah 30 orang,. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey (survey research) dengan pendekatan kuantitatif. Uji hipotesis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji t untuk uji parsial dan uji F untuk uji simultan yang diolah menggunakan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil penelitian sebagai berikut : Pertama pengaruh Manajemen Pembelajaran PAI terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,891 dan t-tabel sebesar 2,055 dengan nilai p sebesar 0,001. Karena nilai t-hitung>t-tabel atau nilai p<0,05 maka Manajemen Pembelajaran PAI berpengaruh secara signifikan terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragam. Kedua pengaruh Religiusitas terhadap Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,156 dan t-tabel sebesar 2,055 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai t-hitung>t-tabel atau nilai p<0,05 maka Religiusitas berpengarus secara signifikan terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama. Ketiga Pengaruh Psychological Well Being Guru PAI terhadap Internalisasi NilaiNilai Moderasi Beragama diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,321 dan t-tabel sebesar 2,055 dengan nilai p sebesar 0,003. Karena nilai t-hitung>t-tabel atau nilai p<0,05 maka secara statistik dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Psychological Well Being Guru PAI terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama. Keempat pengaruh Manajemen Pembelajaran PAI terhadap Religiusitas diperoleh nilai t-hitung sebesar 1,464 dan t-tabel sebesar 2,055 dengan nilai p sebesar 0,154. Karena nilai t-hitung<t-tabel atau nilai p>0,05 maka Manajemen Pembelajaran PAI tidak berpengaruh secara lansung terhadap Religiusitas. Kelima pengaruh Religiusitas terhadap Psychological Well Being Guru PAI diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,305 dan t-tabel sebesar 2,055 dengan nilai p sebesar 0,003. Karena nilai t-hitung>t-tabel atau nilai p<0,05 maka ada pengaruh yang signifikan antara Religiusitas terhadap Psychological Well Being Guru PAI. Keenam pengaruh Manajemen Pembelajaran PAI terhadap Psychological Well Being Guru PAI diperoleh nilai t-hitung sebesar 0,228 dan t-tabel sebesar 2,055 dengan nilai p sebesar 0,822. Karena nilai t-hitung<ttabel atau nilai p>0,05 maka tidak ada pengaruh secara lansung antara Manajemen Pembelajaran PAI terhadap Psychological Well Being Guru PAI. Ketujuh hasil uji simultan (F) didapat nilai F hitung sebesar 17,304 dan F-tabel sebesar 2,98 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai F-hitung > F-tabel atau nilai p<0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama. Artinya secara simultan (bersama-sama) Manajemen Pembelajaran PAI, Religiusitas dan Psychological Well Being Guru PAI mempengaruhi Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragam

Item Type: Thesis (PhD)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSapri, Johanes19601212985031003UNSPECIFIED
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Prof.Dr. H. Johanes Sapri, M.Pd Pembimbing 2:Prof.Andang Sunarto, Ph.D
Uncontrolled Keywords: pengaruhi Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran PAI, Religuisitas, Psychological Well Being dan Internalisasi Nilai-Nilai moderasi Beragam
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:52
Last Modified: 23 Apr 2024 02:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item