Fadhilah, Raihan (2023) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SUASANA POSITIVE VIBES DI SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI RAIHAN FADHILAH_1911240181.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Guru Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Melalui Suasana Positive Vibes Di SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu”. Dilatarbelakangi oleh Motivasi yang merupakan unsur kejiwaan yang terdapat didalam diri setiap siswa. Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran dan semangat belajar siswa adalah dengan adanya motivasi yang dimiliki, sehingga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa peran guru sangatlah penting. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peran guru dalam membangun motivasi belajar siswa melalui suasana positive vibes di kelas I. Karena Positive vibes merupakan bagian dari energi positif yang dipancarkan oleh seseorang, sehingga lingkup yang berada disekitarnya bisa mendapatkan aura positif yang sangat bermanfaat. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membangun motivasi belajar siswa melalui suasana positive vibes di kelas I ditunjukkan dengan adanya guru yang berperan sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai motivator. Selain itu guru juga memotivasi siswa dengan menularkan suasana positive vibes guru memberikan dukungan kepada siswa untuk giat belajar, guru memberikan pujian, guru memberikan hadiah, guru memberikan nilai sebagai simbol atas keberhasilan siswa. Penelitian ini memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan profesionalitas guru, sehingga guru dapat membawa perannya sebagai organisator dengan baik sehingga mudah dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Kasmantoni, M.Si. Pembimbing II : Dra. Aam Amaliyah, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motivasi Belajar, Getaran Positif | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 01:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2023 01:50 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1408 |
Actions (login required)
View Item |