PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK KELAS XI SMK NEGERI 7 REJANG LEBONG

Firmansah, M. Hengki (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK KELAS XI SMK NEGERI 7 REJANG LEBONG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI M. HENGKI FIRMANSAH _ 1911280054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan kualitas pendidikan matematika haruslah dimulai dari bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar pemahaman siswa terhadap matematika menjadi lebih baik lagi. Pengembangan Modul Matematika Berbasis (Contextual Teaching And Learning) CTL Untuk Kelas XI Smk Negeri 7 Rejang Lebong ini diharapkan membantu siswa dalam memahami materi matematika yang dipelajari. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan modul matematika berbasis CTL yang valid, efektif dan praktis pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE: analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Materi yang di pilih dalam pengembangan modul ini adalah dimensi tiga. Subjek yang dipilih pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 7 Rejang Lebong yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil validasi dari ahli melalui angket didapati bahwa, ahli materi sebesar 78%, ahli media sebesar 80% dan ahli bahasa sebesar 71,6%, sehingga dapat dikatakan modul ini valid. Untuk uji efektifitas yang di dapatkan rata rata hasil N-Gain sebesar 56.65% dan masuk ke dalam ketegori cukup efektif. Uji kepraktisan didapatkan skor 73, 89% untuk siswa dan 79,04% untuk guru , dan keduanya masuk kedalam kategori praktis. Sehingga dapat disimpulkan Pengembangan Modul Matematika Berbasis (Contextual Teaching And Learning) CTL Untuk Kelas XI SMK Negeri 7 Rejang Lebong dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Kelebihan modul ini yaitu menyajikan penjelasan materi yang mudah di pahami oleh siswa, materi dikaitkan dengan jurusan yang siswa pilih yaitu teknik kendaraan ringan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni2014079102UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof.Andang Sunarto, Ph.D pembimbing II:Poni Saltifa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul, CTL, Dimensi Tiga, SMK
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:19
Last Modified: 06 Sep 2023 02:19
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item