Tilawati, M.Pd (2023) TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 212 DESA SUKA NEGARA KECAMATAN MARGA SAKTI SEBELAT KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (Skripsi)
1811210078 TILAWATI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Nama : Tilawati NIM : 1811210078 Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul : Tanggung Jawab Guru PAI Dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Di SDN 212 Desa Suka Negara Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran PAI belum berjalan dengan optimal yang disebabkan pengelolaan kelas yang kurang baik, kondisi kelas yang kurang kondusif, serta proses pembelajaran yang kurang kreatif. Kurangnya kedisiplinan kerja dapat dilihat dari keseharian guru dalam menjalankan tugasnya, guru kadang tidak membuat perencanaan pembelajaran sehingga mereka mengajar hanya berpedoman pada buku pelajaran saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 212 Bengkulu Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam dalam mengolah kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 212 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui prosedur logika induktif dan deduktif, yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus menjadi kepada kesimpulan umum, sebaliknya deduktif berangkat dari fakta-fakta umum menuju kesimpulan khusus. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru PAI xi dan siswa di Sekolah Dasar Negeri 212 Bengkulu Utara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 212 Bengkulu Utara dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu pertama, perencanaan yang dilakukan guru PAI yaitu menyusun RPP yang digunakan sebagai acuan dalam mengajar, mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran, melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan memperhatikan kondisi sekolah, daerah dan kemampuan peserta didik dalam menerima pelajaran, melakukan persiapan agar menguasai dengan baik materi yang akan disampaikan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran guru menyampiakan materi pembelajaran dengan sikap hangat dan antusias dengan menunjukkan kepedulian dan keakraban kepada siswa serta memberikan reward kepada siswa, menggunakan media yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Ketiga, melakukan variasi metode mengajar dan pada tahap evaluasi melaksanakan penilaian di akhir pembelajaran. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Guru, Pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Dr Mindani M. Ag Pembing I dan Adi Saputra, M.Pd Pembing II | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Tanggung Jawab, Guru, Pembelajaran PAI. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2023 05:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jun 2023 05:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/145 |
Actions (login required)
View Item |