Sandi, Amelia
(2023)
ADAPTASI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM MENULIS NASKAH DRAMA BAGI ANAK USIA DINI (ADAPTASI TERHADAP MAHASISWA PIAUD SEMESTER V UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU).
Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang proses
adaptasi konsep pendidikan karakter perspektif islam dalam
penulisan naskah drama bagi anak usia dini dan untuk
mengetahui kontribusi dari naskah drama yang dihasilkan bagi
pendidikan karakter pada anak usia dini. Jenis penelitian yang
digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data menggunakan, observasi,
wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1) dalam pembuatan naskah drama anak
dengan konsep pendidikan karakter perspektif islam, mahasiswa
terlebih dahulu diberikan pemahaman tentang naskah drama anak
dan konsep pendidikan karakter perspektif islam, (2) konsep
pendidikan karakter perspektif islam yang diambil adalah konsep
dari Az-Zarnuji yaitu pembelajaran adab, (3) naskah drama anak
yang ditulis berusaha mengembangkan nilai-nilai pendidikan
karakter yang termasuk kedalam pembelajaran adab dan
mengembangkan aspek perkembangan anak, (4) naskah drama
anak yang dihasilkan memiliki kontribusi bagi pendidikan
karakter yaitu sebagai wadah untuk menanamkan pendidikan
karakter pada anak usia dini.
Actions (login required)
|
View Item |