PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING ANTARA TIPE JIGSAW DAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Firdaus, Lidya (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING ANTARA TIPE JIGSAW DAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi lidya firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini diangkat dari kondisi nyata yang terjadi di SDN 66 Kota Bengkulu.Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA yang menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD (Student Team Achievement Division) di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VA yang berjumlah 36 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 33 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Jigsaw dan STAD (Student Team Achievement Division) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes soal pilihan ganda dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian, hasil posttest siswa kelas VA yang menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw yaitu 5 siswa dikatagori tinggi/atas (13.9%), 26 siswa dikategori sedang/tengah (72.2%) dan 5 siswa dikategori rendah (13.9%) yang berarti dari 36 siswa (86.1%) yang mendapatkan nilai 70 sampai 95 sedangkan hasil belajar kelas VB yang menggunakan Model Pembelajaran STAD yaitu 5 siswa dikatagori tinggi/atas (15.2%), 24 siswa dikategori sedang/tengah (72.7%) dan 4 siswa dikategori rendah (12.1%) yang berarti dari 33 siswa (87.6%) yang mendapatkan nilai 60 sampai 90. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3.318 dan nilai ttabel untuk df= 69 dengan taraf signifkan 5% adalah 1.99601. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3.318>1.99601). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ini hipotesis kerja (Ha) diterima yang artinya terdadap perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) di SD Negeri 66 Kota Bengkulupada mata pelajaran IPA, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili197507022000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAziz Mustamim, Abdul198504292015031007UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING 1 : Nurlaili, M.Pd.I dan PEMBIMBING 2 : Abdul Aziz Mustamim, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw dan STAD (Student Team Achievement Division)
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:26
Last Modified: 07 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item