PERSEPSI GURU TENTANG KONSEP MERDEKA BELAJAR MENDIKBUD NADIEM MAKARIM DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 04 KOTA BENGKULU

LASMITA, LASMITA (2023) PERSEPSI GURU TENTANG KONSEP MERDEKA BELAJAR MENDIKBUD NADIEM MAKARIM DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 04 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI LASMITA _1911240035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pelaksanaan guru tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim dalam Pembelajaran IPAS di SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan informasi penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik analisis yaitu peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Para guru di Sekolah Dasar Negeri 04 kota Bengkulu khususnya guru IPAS, memiliki persepsi positif tentang konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim yang tercermin pada kesediaan mengikuti kebijakan yang ada, Pelaksanaan Pembelajaran secara aktif dilakukan dengan memperbanyak teknik pembelajaran interaktif dan komunikatif, dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disediakan. 2). Dalam proses pelaksanaan merdeka belajar, sekolah dan guru menggunakan pendukung dalam halnya seperti bersosialisasi, pembelajaran yang inovatoif yang menyesuaikan kurikulum, teknologi, praktek, komite sekolah dan pengawasan sekolah. 3). Dalam proses pelaksanaan merdekaa belajar yang menjadi penghambat bagi sekolah maupun guru tentang konsep merdeka belajar yaitu pengalaman guru, implementasi kurikulum merdeka, keterbatasan referensi, akses yang dimiliki dalam pembelajaran belum merata, sarana dan prasarana dan pola pikir yang masih ingin diperluaskan dalam ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorAziiz Hari, Wiji Mukti2030109001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Suhirman, M.Pd pembimbing II:Wiji Aziiz Hari Mukti, M.Pd, Si
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Konsep Merdeka Belajar dan Pembelajaran IPAS.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:40
Last Modified: 07 Sep 2023 07:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item