PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU

HIDAYANTI, TATI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI LENGKAP TATI B5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu”. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd dan Pembimbing II Ikke Wulandari, M.Pd.I. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup. Peneliti ini menggunakan sampel sebanyak 54 siswa terdiri dari kelas IV A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV D berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji T-Test dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Di SD T IQRA’2 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan Uji T-Test data hasil belajar IPA diperoleh thitung = 2,989 dan ttabel = 1,708. Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0.004 ≤ 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, . Mawardi196512311998031015UNSPECIFIED
Thesis advisorDari, Ikke Wulan199111262019032013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof. Dr. H. Mawardi Lubis M.Pd pembimbing II:Ikke Wulan Dari M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning (DL), Hasil Belajar, IPA.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:46
Last Modified: 07 Sep 2023 07:46
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item