Despania, Despania
(2023)
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH RAMAH
ANAK UNTUK MEMBANGUN NILAI KARAKTER
ANAK USIA DINI DI TK PERMATA BUNDA
KOTA BENGKULU.
Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk: 1. Mendeskripsikan
pelaksanaan sekolah ramah anak anak untuk membangun nilai
karakter anak usia. 2. Mendeskripsikan faktor-faktor yang
mendukung dalam pelaksaan sekolah ramah anak untuk
membangun nilai karakter anak usia dini. 3. Mendeskripsikan
faktor-faktor yang menghambat sekolah ramah anak untuk
membangun nilai karakter anak usia dini. Jenis penelitian ini
menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari
data primer yaitu guru kelas 3, Kepala sekolah, peserta didik 10
orang. Data sekunder (data prndukung), Teknik pengumpulan
data yaitu dengan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan pembelajaran
sekolah ramah anak untuk membangun nilai karakter anak usia
dini ialah dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan, aman,
dan nyaman sedangkan yang bertanggung jawab ialah keluarga,
masyarakat, sekolah, guru, semua bertanggung jawab dalam
pelaksanaan pembelajaran sekolah ramah anak untuk mebangun
nilai karakter tersebut. 2. Dalam pelaksanaan pembelajaran
sekolah ramah anak untuk membangun nilai karakter anak usia
dini terdapat faktor pendukung yang pertama ialah faktor guru
yaitu, sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran
sekolah ramah anak, dan yang kedua yaitu faktor siswa, aktivitas
siswa juga menjadi faktor dalam pelaksanaan pembelajaran
sekolah ramah anak untuk membangun nilai karakter anak usia
dini. 3. Dalam pelaksanaan pembelajaran sekolah ramah anak
untuk membangun nilai karakter anak usia dini terdapat faktor
Actions (login required)
|
View Item |