STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU TERPUJI SISWA KELAS III DI MI HIDAYATUL HASANIYAH

Susanti, Novelia (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU TERPUJI SISWA KELAS III DI MI HIDAYATUL HASANIYAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
NOVELIA SUSANTI NIM 1911240179.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Strategi adalah suatu rencana yang dilaksanakan pendidik untuk mengoptimalkan potensi peserta didik agar siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mencapai hasil yang diharapkan. Strategi pembelajaran ini sebagai suatu kegiatan yang harus dikerjakan oleh pendidik maupun peserta didik agar pembelajaran dapat dicapai secara aktif dan efisien. Tujuan yang ingin dicapai oleh penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru, dan faktor penghambat dalam membentuk perilaku terpuji pada siswa kelas III A di MI Hidayatul Hasaniyah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya adalah guru Kelas III A dan Siswa-siswi kelas III A Mi Hidayatul Hasaniyah. Teknik pengumpulan data yaitu dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk perilaku terpuji siswa kelas III yaitu: 1) keteladanan guru dalam memberikan contoh yang baik. 2) pemberian teguran kepada siswa yang melakukan perilaku yang kurang baik. 3) pemberian hukuman kepada siswa apabila melakukan perilaku yang buruk dan memberi hadiah berupa pujian apabila siswa berperilaku baik. 4) pengkondisian kelas yaitu agar guru mampu mengkondisikan tingkah laku setiap siswa dikelas. 5) pendekatan hati terhadap siswa yaitu dengan tujuan agar siswa tidak takut untuk bercerita dengan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, MusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAryati, AzizaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Mus Mulyadi, M.Pd Pembimbing 2: Dr. Aziza Aryati, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Membentuk Perilaku Terpuji
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:39
Last Modified: 08 Sep 2023 02:39
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item View Item