NASUTION, ANNISA AZAHRA (2023) METODE EKSPERIMEN DALAM MENGENALKAN CUACA ALAM PADA KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD DHARMA WANITA KECAMATAN SUKARAJA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI ANNISA AZAHRA NASUTION_1911250040.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan kognitif anak melalui kegiatan eksperimen merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan agar anak bisa mengenal dan memiliki rasa cinta terhadap alam sekitar dan menyadari bahwa adanya kebesaran dan keagungan Allah Yang Maha Esa. Metode eksperimen harus ditanamkan sejak usia dini, agar menumbuhkan minat pada anak untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian lingkungan sekitarnya. Disinilah peran seorang guru berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak sejak dini dengan metode yang disukai anak-anak apabila diterapkan dengan baik. Rumusan masalah yaitu: “Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode eksperimen mengenalkan cuaca alam pada kognitif anak usia dini di Paud Dharma Wanita Kecamatan Sukaraja”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menggunakan Penerapan Metode Eksperimen untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia dini di Paud Dharma Wanita Kecamtan Sukaraja. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 1 orang guru di kelas. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis, data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam menggunakan metode eksperimen untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini yaitu: (i) Guru mempersiapkan kegiatan eksperimen dengan menetapkan tujuan kegiatan; (ii) Guru melaksanakan kegiatan dengan mendiskusikan kepada anak mengenai prosedur, alat dan bahan, serta membimbing dan mengawasi anak; (iii) Guru melakukan evaluasi di akhir kegiatan. Ketiga langkah kegiatan eksperimen ini telah diterapkan oleh guru di Paud Dharma Wanita dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pendidik tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Khermarinah, M.Pd.I pembimbing II: Bakhrul Ulum, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mengenal cuaca alam, Kemampuan Kognitif | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1530 |
Actions (login required)
View Item |