HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 08 SELUMA

Ayu, Rosalia trisna (2023) HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 08 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1711240109 ROSALIA TRISNA AYU.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 08 Seluma. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan asosiatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, observasi, dokumentsi kepada guru dan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 08 Seluma. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan minat baca dengan Prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 08 Seluma. Hal ini dapat dilihat dari nilai tsig < α (0,002< 0,05) dan nilai thitung > ttabel (6,356>1,3332) Dengan demikian maka hipotesis diterima dimana HO ditolak dan Ha diterima. Minat baca memberikan sumbangan sebesar 75,1% dalam mempengaruhi variabel dependen yaitu hasil belajar. Hal ini berarti terjadi hubungan yang erat, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
UNSPECIFIEDRiswanto, Riswanto19724101999031004UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDHeriadi, Meddyan198907082019031004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Riswanto Ph.D Pembimbing 2: Meddyan Heriadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hubungan Minat Baca, Prestasi Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 08 Jun 2023 08:12
Last Modified: 08 Jun 2023 08:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item