PROBLEMATIKA ORANGTUA YANG MENDAMPINGI PROSES PEMBELAJARAN ANAK SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA LUBUK TAPI KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Perdian, Perdian (2023) PROBLEMATIKA ORANGTUA YANG MENDAMPINGI PROSES PEMBELAJARAN ANAK SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA LUBUK TAPI KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1711320049 Perdian FUAD BKI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masalah penelitian ini tentang bagaimana problematika yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran Daring masa pandemi Covid-19 di Desa Lubuk Tapi dan bagaimana upaya orang tua untuk mengatasi problematika tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika orang tua yang mendampingi proses pembelajaran anak secara daring pada masa pandemi Covid-19 di Desa Lubuk Tapi dan untuk mengetahui upaya orang tua untuk mengatasi problematika tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) Problematika yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di Desa Lubuk Tapi diantaranya: a) Orang tua tidak paham dengan teknologi handphone; b) Orang tua yang bekerja seharian di luar rumah sehingga menyebabkan orang tua sulit untuk mendampingi anak belajar; c) Anak merasakan kebosanan dalam belajar daring di rumah sehingga guru dan orang tua harus memikirkan strategi menciptakan pembelajaran daring yang menarik bagi siswa; d) Ketidaktepatan waktu siswa dalam pengumpulan tugas; e) Pemantauan kejujuran siswa dalam mengerjakan tugas agak sulit dilakukan guru; f) Tidak semua anak memiliki fasilitas handphone, adanya keterbatasan kuota internet, sinyal atau jaringan internet yang menjadi kendala ketika melakukan pembelajaran tatap muka dengan aplikasi zoom meeting sehingga pembelajaran terganggu; 2) Upaya orang tua untuk mengatasi problematika dalam mendampingi anak belajar secara daring pada masa pandemi Covid-19 di Desa Lubuk Tapi diantaranya: a) Memberikan motivasi belajar pada anak; b) Memberi reward dan hadiah agar anak semangat belajar; c) Menciptakan situasi rumah yang nyaman untuk anak belajar daring; d) Meminta bantuan guru dan pihak lain untuk meningkatkan kemampuan belajar anak dalam pelajaran; e) Membantu anak mengatasi kesulitan dalam pembelajaran daring dan mengerjakan tugas sekolahnya semampunya; dan f) Dalam kondisi darurat kadang-kadang orang tua meminjam handphone ke saudaranya, orang tua dan siswa belajar dengan guru untuk mengoperasikan aplikasi untuk pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorEmzinetri, Emzinetri197105261997032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAstarini, Dilla19870531201532005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Emzinetri, M.Ag Pembimbing II : Dilla Astarini M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Problematika, Orang Tua, Pembelajaran Daring
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:35
Last Modified: 13 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item