Sidiq, Muhammad (2022) PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENGHAFALKAN AL-QUR‟AN DI MTS AL-MUBAARAK KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (Skripsi)
1811210149 FTT PAI MUHAMMAD SIDIQ.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Sidiq (1811210149). Skripsi. Penerapan Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur‟an di MTs Al�Mubaarak Kota Bengkulu. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Irwan Satria, M.Pd. 2. Adam Nasution, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode talaqi dalam menghafal Al-Qur‟an di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Talakqi adalah metode menghafal dengan cara bertatap muka, bertatap muka, atau bertatap muka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah Guru Tahfiz siswa kelas VII MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi dalam menghafal surat pendek di MTs Al�Mubaarak Kota terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Dalam proses perencanaan sebelum menerapkan metode talakqi guru telah menyiapkan RPP, xii media pembelajaran, memotivasi siswa, dan juga guru menyiapkan kelas. Pada tahap pelaksanaan sudah efektif karena guru sudah melakukan proses menghafal dengan menggunakan strategi 5 M (menjelaskan, memberi contoh, menirukan, menyimak dan mengevaluasi). Pada tahap evaluasi ditemukan bahwa metode talaqqi efektif karena banyak siswa yang mencapai target bahkan ada yang melebihi target hafalan. Namun terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal dengan metode talaqi, faktor pendukung seperti faktor internal yaitu tingkat kedisiplinan dan kecerdasan siswa dalam menghafal, faktor eksternal yaitu tempat menghafal, lingkungan dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya seperti faktor internal yaitu tingkat pemahaman siswa dalam menghafal, faktor ekternal yaitu kurangnya tenaga pengampu pembelajaran tahfiz
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Irwan Satria, M.Pd. 2. Adam Nasution, M.Pd.I | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:51 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
View Item |