KISAH NABI IBRAHIM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA (Kajian Al-Qur’an Surah As-Shaffat Ayat 102-107 Dalam Tafsir Al-Maragi)

Fatah, Yusuf Abdul (2023) KISAH NABI IBRAHIM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA (Kajian Al-Qur’an Surah As-Shaffat Ayat 102-107 Dalam Tafsir Al-Maragi). Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Yusuf Abdul Fatah_Depan.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusuf Abdul Fatah_BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusuf Abdul Fatah_BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Yusuf Abdul Fatah_1911210094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kisah nabi ibrahim dan implementasinya pada Pendidikan Islam dalam keluarga (Kajian Al-Qur’an Surah As-Shaffat Ayat 102- 107 dalam Tafsir Al-Maragi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kisah nabi ibrahim dan implementasinya pada Pendidikan Islam dalam keluarga (Kajian Al-Qur’an Surah As- Shaffat Ayat 102-107 dalam Tafsir Al-Maragi). Jenis penelitian ini yaitu penelitian pustaka (Library Research). Hasil dari penelitian ini adalah kisah nabi ibrahim dan implementasinya pada Pendidikan Islam dalam keluarga adalah 1) Menjadi hamba yang sabar atas ujian dan cobaan dari Allah SWT. 2) Agar senantiasa berdoa untuk kebaikan diri sendiri dan kebaikan anggota keluarga yang lain. 3) Memberikan wasiat dan nasehat kepada anak agar selalu berpegang teguh pada ajaran Islam. 3) Selalu menjaga diri sendiri dan anggota keluarga agar terhindar dari kesyirikan kepada Allah SWT. 4) Menjadikan rezeki yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas peribadatan kita kepada Allah SWT. 5) Menjadi hamba yang solih dengan menjaga hubungan baik antara manusia dengan cara memiliki etika dan norma yang baik. 6) Setiap anggota keluarga harus menjadi hamba yang bersyukur atas nikmat Allah SWT. 7) Menjadi rumah tangga yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan yang menciptakan generasi penerus ajaran Islam. 8) Mewujudkan lingkungan yang dapat menunjang peningkatan ibadah kepada Allah SWT. 9) Lebih mengutamakan pendidikan Islam daripada pendidikan yang lain. 10) Mewujudkan lingkungan keluarga yang agamis. 11) Berdialog antar anggota keluarga, khususnya kepada anak tentang kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang Muslim dengan dialog yang baik. Sebagai pendidik bagi anak dalam keluarga yakni orang tua harus memberikan materi pendidikan Islam yang mampu menjadikan anak keturunanya generasi yang memegang teguh pada ajaran Islam. Selain itu, orang tua juga diharuskan untuk memberikan nasehat, wasiat beserta panjatan doa agar tujuan dalam pendidikannya tercapai. Metode yang paling efektif digunakan untuk menyampaikan materi pendidikan Islam adalah dengan metode dialog.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, Mawardi196512322998031015UNSPECIFIED
Thesis advisorAmaliyah`, Aam19611222000032002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M. Pd Pembimbing II:Dra. Aam Amaliyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kisah Nabi Ibrahim, Implementasi, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 05 Oct 2023 00:53
Last Modified: 05 Oct 2023 00:53
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1830

Actions (login required)

View Item View Item