ANALISIS KETERLAMBATAN LANCAR MEMBACA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Juita,, Mimi Ratna (2023) ANALISIS KETERLAMBATAN LANCAR MEMBACA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240025 MIMI RATNA JUITA.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang menyebabkan keterlambatan lancar membaca siswa Kelas II di SD Negeri 66 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui strategi guru untuk mengatasi keterlambatan lancar membaca tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan desain penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan datanya yaitu triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Hambatan yang menyebabkan keterlambatan lancar membaca siswa Kelas II terdiri dari faktor internal yaitu terganggunya kesehatan fisik siswa yang menyebabkan kurangnya daya tangkap siswa terhadap pelajaran membaca, intelegensi siswa yang berbeda-beda, dan kurangnya minat belajar siswa dalam belajar membaca, serta faktor eksternal yaitu kurangnya dukungan dari keluarga dalam mengajar siswa belajar membaca, keterbatasan sarana dan prasarana dan ada siswa yang tidak sekolah di taman kanak-kanak. Keterlambatan membaca permulaan terjadi disebabkan adanya kesulitan dalam belajar membaca yang dialami siswa, jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa dalam membaca permulaan di Kelas II yaitu anak belum mengenal suku kata dengan baik, anak mengeja kata masih dengan terbata-bata, anak belum bisa membaca kata-kata tertentu yang cukup sulit pelafalannya, dan anak belum bisa merangkai kata dalam kalimat dengan baik; 2) Strategi guru untuk mengatasi keterlambatan lancar membaca siswa Kelas II yaitu memberikan jam tambahan belajar membaca, menyiapkan sumber belajar dan media penunjang lancar membaca, dan menerapkan metode mengeja, mengenalkan huruf dan mengenalkan suku kata dengan bantuan buku bacaan siswa untuk kelancaran membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
UNSPECIFIEDHidayat,, Nur197306032001121002UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSyarifin,, Ahmad198006162015031003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Nur Hidayat, M.Ag Pembimbing 2: Ahmad Syarifin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Keterlambatan, Membaca, Siswa Kelas II.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:04
Last Modified: 09 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item