Aprisa, Melda Tri (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS ISLAM TERPADU DI SEKOLAH DASAR SDIT AL – QISWAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
1811210211 FTT PAI MELDA TRI APRISA.pdf Download (3MB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran di sekolah dasar berbasis islam terpadu SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh di analisis dengan langkah�langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran yang ada di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu sudah memenuhi indikator yang penulis gunakan, hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus dan perangkat perencanaan pembelajaran yang lainnya sudah tersedia. Dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada kegiatan pendahuluan tenaga pendidik memberikan senam otak, doa dan membahas pelajaran sebelumnya ketika memulai pembelajaran. Kegiatan inti untuk mata pelajaran sudah terlaksana dengan baik, hal ini di lihat dari hasil wawancara dengan tenaga pendidik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti meyebutkan bahwa indikator yang penulis gunakan sudah dilaksanakan sehingga hal itu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Dalam kegiatan penutup tenaga pendidik memberikan rangkuman atau kesimpulan, umpan balik serta memberikan tugas yang sifatnya memberikan pengayaan dan pendalaman. Dan untuk evaluasi/penilaian hasil pembelajaran, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator manajemen pembelajaran. Manajemen Pembelajaran Di Sekolah Dasar Berbasis Islam Terpadu SDIT Al – Qiswah Kota Bengkulu peran tenaga ix pendidik adalah sebagai ujung tombak keberhasilan pelaksanaan pendidikan sebaiknya dapat memilih media yang tepat dan lebih kreatif lagi sesuai dengan tujuan mata pembelajaran yang di ajarkankan, Dan kedepannya pelaksanaan pembelajaran serta memberikan berbagai perangkat pembelajaran seperti audio visual, alat peraga, media pembelajaran serta memperbanyak buku-buku pelajaran yang terkait untuk kemudahan pencapaian tujuan pembelajaran dan kemajuan dunia pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Dr Buyung surahman dan Asmara Yumarni M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Sekolah Islam Terpadu. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2023 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jun 2023 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/196 |
Actions (login required)
View Item |