POLA PEMBELAJARAN BERBANTUKAN MEDIA BRAILLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Yupitasari, Yopi (2022) POLA PEMBELAJARAN BERBANTUKAN MEDIA BRAILLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1811210222 FTT PAI YOPI YUPITASARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya jumlah anak berkebutuhan khusus yang belum dan atau tidak mendapatkan hak dalam pendidikan terutama pendidikan agama Islam khususnya pada pendidikan Al-Qur’an. Jenis penelitian ini ialah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Pola pembelajaran yang diterapkan oleh guru pembimbing di Panti Sosial Bina Netra Amal Mulia Kota Bengkulu menggunakan pola pembelajaran Barry Moris yaitu pola pembelajaran guru dan media. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru pembimbing, yaitu: reglet, stylus, kertas karton, iqra’ braille dan Al-Qur’an braille. 2) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an anak berkebutuhan khusus penyandang tunanetra, yakni dapat mengetahui dan memahami huruf hijaiyyah, makharjiul huruf, nun sukun dan tanwin, qalqalah, dan mad. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pola pembelajaran berbantukan braille yang diterapkan oleh guru pembimbing mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak berkebutuhan khusus penyandang tunanetra

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAmin, Alfauzan197001052002121002UNSPECIFIED
Thesis advisorRiadi, Dayun197207020041002UNSPECIFIED
Additional Information: Dr. Alfauzan Amin, M.Ag Pembimbing I Dayun Riadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pola Pembelajaran, Media Braille, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:34
Last Modified: 09 Jun 2023 04:34
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item