IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ZAKIAH DARADJAT Di MTs N 02 BENGKULU UTARA

Suci Andriani, Sahida (2023) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ZAKIAH DARADJAT Di MTs N 02 BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SAHIDA SUCI ANDRIANI_1911210196.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masih terdapat sebagian siswa yang memiliki akhlak kurang baik, hal ini ditandai dengan masih adanya siswa yang kurang sopan kepada gurunya, merendahkan sesama teman, masih ribut di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak Zakiah Daradjat, serta implementasinya di MTs Negeri 02 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Konsep pendidikan akhlak Zakiah Daradjat mengedepankan 3 faktor yaitu faktor figure (orang tua dan guru) dimana orang tua dan guru berperan penting dalam membentuk akhlak dan kepribadian anak karena anak akan mencontoh semua hal yang orang tua dan guru lakukan, faktor culture (budaya, kebersamaan) dengan mengenalkan budaya kepada anak akan mengajarkan anak untuk mencintai dan menghargai hal-hal yang berbeda dari dirinya, dan faktor teksture (karakter) dengan mengenalkan akhlak Nabi dan Rasul dan sahabat-sahabat nabi. Sehingga pendidikan akhlak Zakiah Daradjat lebih condong pada lingkungan keluarga. 2) Implementasi konsep pendidikan Zakiah Daradjat di MTs N 02 Bengkulu Utara berpedoman pada 3 faktor yaitu figure, ditandai dengan guru telah memberikan contoh tauladan dalam pekerjaannya, seperti memiliki hafalan alQur’an, menghafal zikir, sedekah. Faktor culture ditandai dengan membiasakan anak-anak untuk melakukan sholat duha, mengucap salam ketika bertemu guru, sholat dzuhur berjamaah, menghafal zikir dan do’a-do’a, sholat jenazah, dan lain-lain. Dan faktor teksture ditandai dengan sikap guru yang baik, serta memberikan nasihat-nasihat baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan akhlak Zakiah Daradjat telah diimplementasikan di MTs N 02 Bengkulu Utara. Sehingga dapat disarankan untuk meningkatkan serta mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak pada siswa MTs N 02 Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Kurniawan2022098301UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Edi Ansyah, M.Pd Pembimbing II : Dr. Kurniawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Akhlak Zakiah Daradjat, Pendidikan Akhlak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:14
Last Modified: 13 Oct 2023 03:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item