Miliani, LISI (2023) PENGEMBANGAN SOAL TES MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POLA BILANGAN DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
LISI MILIANI_NIM 1911280019.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Berpikir kritis merupakan berpikir yang terjadi dalam sistem kognitif dengan membandingkan beberapa pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memutuskan pengetahuan yang lebih tepat digunakan untuk memecahkan masalah. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terhadap beberapa instrument penilaian yang digunakan pendidik kelas VIII pada kegiatan pembelajaran matematika di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu, diketahui bahwasanya soal sebagai instrumenpenilaian yang penting bahkan komponen utama dalam menentukan ketercapaian hasil belajar matematika peserta didik, justru tidak mendapat perhatian yang serius dari pendidik. Jenis penelitian ini adalah deksriptif Research and Development yaitu penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang beralamat di Jalan Cimanuk Kota Bengkulu. Kelayakan soal tes matematika berbasis kemampuan berpikir kritis untuk siswa SMP materi pola bilangan dengan nilai persentase total kelayakan angket validasi materi adalah 90,8%. Sesuai kriteria kelayakan, nilai ini dinyatakan dalam kategori “Sangat Layak” 81-100%. Kepraktisan soal tes matematika adalah 81,66% yang berarti soal tes berpikir kritis yang dikembangkan berada pada kriteria praktis yang mana sesuai dengan kriteria kepraktisan 75≤P<85(%). Keefektifan soal tes matematika adalah 81,7% yang berarti berada pada titik interval 65 ≤nilai < 85 yang berada pada kriteria efektif. disimpulkan bahwapengembangan soal tipe berpikir kritis materi pola bilangan dinyatakan sangat efektif dan memenuhi syarat dengan nilai 81,7% pada kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEMBIMBING : Prof. Andang Sunarto, Ph.D PEMBIMBING II: Mela Azizah, M.Sc | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Tes Matematika, Materi Pola Bilangan | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2023 07:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2023 07:50 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2139 |
Actions (login required)
View Item |