PENGEMBANGAN SOAL TES MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POLA BILANGAN DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Miliani, LISI (2023) PENGEMBANGAN SOAL TES MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POLA BILANGAN DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
LISI MILIANI_NIM 1911280019.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan berpikir yang terjadi dalam sistem kognitif dengan membandingkan beberapa pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memutuskan pengetahuan yang lebih tepat digunakan untuk memecahkan masalah. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terhadap beberapa instrument penilaian yang digunakan pendidik kelas VIII pada kegiatan pembelajaran matematika di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu, diketahui bahwasanya soal sebagai instrumenpenilaian yang penting bahkan komponen utama dalam menentukan ketercapaian hasil belajar matematika peserta didik, justru tidak mendapat perhatian yang serius dari pendidik. Jenis penelitian ini adalah deksriptif Research and Development yaitu penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang beralamat di Jalan Cimanuk Kota Bengkulu. Kelayakan soal tes matematika berbasis kemampuan berpikir kritis untuk siswa SMP materi pola bilangan dengan nilai persentase total kelayakan angket validasi materi adalah 90,8%. Sesuai kriteria kelayakan, nilai ini dinyatakan dalam kategori “Sangat Layak” 81-100%. Kepraktisan soal tes matematika adalah 81,66% yang berarti soal tes berpikir kritis yang dikembangkan berada pada kriteria praktis yang mana sesuai dengan kriteria kepraktisan 75≤P<85(%). Keefektifan soal tes matematika adalah 81,7% yang berarti berada pada titik interval 65 ≤nilai < 85 yang berada pada kriteria efektif. disimpulkan bahwapengembangan soal tipe berpikir kritis materi pola bilangan dinyatakan sangat efektif dan memenuhi syarat dengan nilai 81,7% pada kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorAzizah, Mela199110122019032015UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING : Prof. Andang Sunarto, Ph.D PEMBIMBING II: Mela Azizah, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Tes Matematika, Materi Pola Bilangan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:50
Last Modified: 13 Oct 2023 07:50
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item