STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MI AL-ISLAM KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

MARSELI, YENI (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MI AL-ISLAM KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
YENI MARSELI_DEPAN.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YENI MARSELI_BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YENI MARSELI_BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
YENI MARSELI_1911240069.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan membaca siswa masih sangat rendah, ditandai dengan siswa yang masih mengeja pada saat membaca. Hal ini karena motivasi siswa yang kurang dalam belajar, siswa tidak berkonsentrasi saat pembelajaran di kelas, kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran, dan stratgi guru yang belum tepat. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menidentifikasi , 1) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) Kemampuan membaca siswa kelas III MI Al-Islam pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3) kendala bagi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, MI Al-Islam Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Subyek yang diteliti adalah wali kelas III A dan III B MI AL-ISLAM Kota Bengkulu dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikaukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui tahapan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi guru menggunakan buttom-up dengan menggunakan metode basal readers, dan metode distar. 2). Kemampuan membaca siswa meliputi kemampuan melambangkan bunyi, kemampuan merangkai huruf, kemampuan memahami tanda baca, kemampuan menentukan ide pokok. 3) kendala pelaksaan strategi guru meliputi : siswa dan lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan guru mendidik, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi peserta didik, guru memiliki metode dan tekhnik, guru memberikan motivasi belajar, guru mempermudah siswa dengan menjadikan dirinya sebagai contoh teladan. Maka ix dapat disarankan bahwa, agar kemampuan membaca siswa meningkat kembangkanlah strategi guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805151997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorDian Wahyuni, Betti2003038108UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I:Dr.Hj. Khairiah, M.Pd PEMBIMBING II: Betti Dian Wahyuni, M.Pd.Mat
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:25
Last Modified: 13 Oct 2023 08:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item