ULANDARI, DEKSA (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI MI NEGERI 04 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (578kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
DEKSA ULANDARI_NIM. 1911240262.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang kesulitan belajar pada pembelajaran matematika karena ketidakmampuan menggunakan konsep matematika secara benar khususnya di Kelas IV MI Negeri 04 Bengkulu Selatan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu 1) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar matematika, 2) Bagimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika tersebut berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap dan minat siswa saat pembelajaran matematika, kurangnya minat, motivasi belajar siswa, kesehatan tubuh serta terganggunya kemampuan pengindraan siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah seperti variasi guru mengajar, media dan alat penunjang pembelajaran, sarana prasarana di sekolah, lingkungan keluarga yang kurang mendukung dan lingkungan masyarakat. Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa antara lain: kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam ketrampilan dan kesulitan dalam pemecahan masalah. Adapun upaya yang selalu dilakukan guru di MI Negeri 04 Bengkulu Selatan untuk mengatasi kesulitan belajar, yaitu dengan mengadakan les tambahan, memberikan latihan yang cukup dan berulang, selain itu guru juga mengadakan remedial atau perbaikan serta pengayaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Prof. Dr. Suhirman, M.Pd Pembimbing II:Sutrian Efendi, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Matematika, Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2023 02:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2023 02:26 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2167 |
Actions (login required)
View Item |