ANALISIS PENYELENGGARAAN ANBK (ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER) SEBAGAI PENGGANTI UN (UJIAN NASIONAL) DAN USBN (UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL) DI SDN 16 KOTA BENGKULU

Maharani, Cantika (2023) ANALISIS PENYELENGGARAAN ANBK (ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER) SEBAGAI PENGGANTI UN (UJIAN NASIONAL) DAN USBN (UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL) DI SDN 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
CANTIKA MAHARANI_NIM. 1911240033.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Asesmen (Asessment) merupakan penilaian proses belajar siswa. Asesmen salah satu kegiatan yang mengungkapkan kualitas proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik yang sangat perlu diletakkan dalam kerangka keseluruhan sistem evaluasi pendidikan sesuai dengan UU, Asemen dilaksanakan dalam bentuk ujian berstandar komputer kemudian menjadi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) yang memiliki 3 instrumen: 1) AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yaitu mengukur kemampuan literasi dan numerasi, 2) Survei Karakter, 3) Survei Lingkungan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru dan siswa dalam penyelenggaraan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Nasional), dan Keefektifan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Nasional) sebagai upaya memperbaiki kualitas belajar siswa di SD Negeri 16 Kota Bengkulu Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, wali kelas V dan siswa siswi kelas VA-VD. Teknik pengumpulan data yaitu dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kesiapan guru dan siswa dalam penyelenggaraan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) yaitu cukup baik, pemahaman dan pengetahuan guru mengenai prosedur Asesmen sudah baik, sarana dan prasarana penunjang penyelenggaraan Asesmen juga sudah dipersiapkan dengan baik, mulai dari jaringan sinyal, leptop/komputer, spanduk, konsumsi, dll. 2) Keefektifan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) sebagai pengukur literasi dan numerasi sangatlah efektif, delngan adanya kelgilatan ANBK melnjadilkan pelselrta dildilk dan telnaga pelndildilk cakap dalam pelnguasaan ilnformasil dan telknologil, selcara manajelmeln waktu juga lelbilh elfilsileln.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Kurniawan198309222023211014UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I: Dr. Aziza Aryati, M.Ag PEMBIMBING II: Dr. Kurniawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer)
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:43
Last Modified: 17 Oct 2023 02:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item