RESI, MASAYU ZAHWA (2022) PERSEPSI NETIZEN TERHADAP PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Kasus pada Akun @basyasman00). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
MASAYU ZAHWA RESI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena tiktok yang digunakan sebagai media dakwah. Objek kajian penelitian ini adalah Husain Basyaiban, seorang pegiat dakwah menggunakan tiktok dengan akun tiktoknya @basyasman00. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi netizen terhadap pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media dakwah sekaligus mendeskripsikan persepsi netizen terhadap konten dakwah pada akun @basyasman00. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang merupakan pengikut akun TikTok Husain Basyaiban dan aktif memberikan komentar di akun video TikTok Husain Basyaiban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi netizen terhadap aplikasi TikTok sebagai media dakwah dipengaruhi oleh faktor perhatian, faktor fungsional, dan faktor struktural. TikTok sebagai media dakwah dianggap mampu mempengaruhi persepsi netizen. TikTok mampu menjadi wadah yang tepat dan efektif yang bisa digunakan oleh para da’i untuk memberikan dakwah-dakwah tentang agama, hukum dalam Islam dan sebagainya. sedangkan persepsi netizen terhadap konten dakwah pada akun @basyasman00 terdiri dari tiga aspek. Aspek pertama adalah kognitif, dimana netizen menerima pesan dakwah yang disampaikan oleh @basyasman00 sehingga menimbulkan pengetahuan baru serta keyakinan terhadap konten tersebut. Aspek kedua adalah afektif, konten yang dibuat oleh @basyasman00 mampu menjadi penyeimbang konten-konten negatif yang ada di TikTok. Adanya konten dakwah @basyasman00 yang juga dikemas dengan menarik mampu menimbulkan efek positif terhadap diri netizen. Aspek ketiga adalah konatif (behavior component), ilmu (pengetahuan) yang diterima oleh netizen dari konten @basyaman00 kemudian menimbulkan efek positif terhadap netizen. Sehingga menimbulkan keinginan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Jafarudin Pembimbing 2: Wira Hadikusuma | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Media Dakwah, Tiktok | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Arlan Fairuz | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jun 2023 09:19 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/232 |
Actions (login required)
View Item |