EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DILUAR KELAS (OUTDOOR) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 116 BENGKULU UTARA

Soleha, Putri (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DILUAR KELAS (OUTDOOR) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 116 BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
PUTRI SOLEHA 1911240226 REV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran diluar kelas (outdoor) dapat efektif pada pembelajaran tematik kelas III di SD Negeri 116 Bengkulu utara. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu : pengumpul data (data collecting), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi atau conclusion drawing. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber yaitu guru kelas dan siswa. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dikelas III mengenai metode pembelajaran diluar kelas (outdoor) Dalam pembelajaran tematik yang telah dilaksanakan di SD Negeri 116 Bengkulu Utara maka diperoleh bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran diluar kelas (outdoor).sebelum memulai pembelajaran guru melakukan persiapan terlebih dahulu seperti membuat RPP, dan menyiapkan LKS, dan menerangkan dahulu bagaimana proses pembelajaran yang akan dilakukan diluar kelas. Kemudian guru mengajak siswa untuk mengamati tumbuhan dan hewan apa saja yang ada dilingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : Efektivitas pembelajaran diluar kelas (outdoor) dalam pembelajaran tematik ini dapat dikatakan efektif dilihat dari respon peserta didik setelah menggunakan metode outdoor learning pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami, suasana belajar yang aktif dan sikap siswa pun menjadi semangat belajar mereka tampak sangat senang dan antusias dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999032002UNSPECIFIED
Thesis advisorLukman, Lukman197005252000031003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Edi Ansyah, M.Pd Pembimbing II : Drs. Lukman, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pembelajaran, Pembelajaran diluar kelas (outdoor)
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:37
Last Modified: 18 Oct 2023 07:37
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item