PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV(4) SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

KURNIA FITRI, DEWI (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV(4) SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
DEWI KURNIA FITRI 1911240218 rev.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendekatan saintifik dapat memfasilitasi siswa untuk melakukan penyelidikan dan penemuan sendiri. Selama pembelajaran guru harus merancang kegiatan yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan penemuan didalam mengerjakan materi pelajaran yang diajarkan. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu (2) Apa saja Problematika dalam pendekatan Saintifik pada pembelajaran kurikulum merdeka? Dan Bagaimana solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika pelaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada kurikulum merdeka? Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu. 2). Untuk MengidentifikasiApa saja Problematika dalam pendekatan Saintifik pada pembelajaran kurikulum merdeka. 3). Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika pelaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada kurikulum merdeka. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, meyajikan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan datannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Peneliti ini memperoleh kesimpulan 1. Pada tahap pelaksanaan pendekatan saintifik materi pecahan pada kurikulum merdeka di SD Negeri 32 Kota bengkulu adalah Perencanaan pembelajaran pendekatan saintifik materi pecahan desimal Kelas IV SD Negeri 32 Kota Bnegkulu, Pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik materi pecahan desimal Kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu Evaluasi pembelajaran pendekatan saintifik materi pecahan Kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu dan kendala yang dialami guru Faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik materi pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu faktor pendukung nya adalah siswa berpartisapsi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan, sedangkan faktor penghambatnya adalah memerlukan waktu untuk memberikan pemahaman kepada siswa. Tidak semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan cara ini karena setiap siswa kemampuannya berbeda-beda..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorM. Nasron, M. Nasron197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorAziz Mustamin, Abdul198504292015311007UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I : Dr.H.M. Nasron, HK, M. Pd.I PEMBIMBING II : Abdul Aziz Mustamin, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Kurikulum Merdeka.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:43
Last Modified: 18 Oct 2023 07:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item