Murta Sati, Anggun (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KARAKTER KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (639kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
ANGGUN MURTA SATI_NIM 1911240209.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh model Pembelajaran Mind Mapping terhadap karakter kreatif siswa pada mata pelajaran PKn dengan materi lambang Negara “Garuda Pancasila” pada siswa kelas III. Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan yang masih rendahnya karakter kreatif siswa pada pelajaran PKn di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Hal ini diduga karena pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami dan mempelajari sesuatu yang asing dan baru terutama dalam pembelajaran PKn yang memiliki materi yang luas dan perlu penghafalan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap karakter kreatif siswa, setrategi yang digunakan guru dirasa kurang tepat sehingga materi yang diberikan tidak dapat tersampaikan dengan baik. Atas pertimbangan peneliti terdorong untuk menelitinya dengan rumusan masalah : apakah terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap karakter kreatif siswa kelas III di SD 32 Kota Bengkulu?. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah experiment dengan metode Quasi Experimen.populasi dalam penelitian ini adalah kelas III di SD 32 kota Bengkulu, yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah kelas III A sebagai kelas experiment dan III B sbagai kelas control. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi dengan teknik pengolaan dengan teknik pengolaan data uju validasi, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan hipotesis menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap karakter Kreatif siswa Pada Mata Pelajaran PKn di kelas III di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil skor angket siswa kelas III A ratarata 67.5833 dan hasil skor kelas III B 61.0400 dapat dibuktikan terdapat perbedaan hasil kreatifitas antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Berdasarkan hasil uji t terhadap dua kelompok ????ℎ????????????????????= 3.058. Dengan dk = ????1 vi + ????2 – 2 =2.012. ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? (3.058 > 2.012) dengan berarti hipotesis ( Ha) penelitian ini diterima, siswa kelompok experiment lebih dari pada kelompok control.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Prof. Dr. Adisel, M. Pd Pembimbing II : Masrifa Hidayani, S. Ag, M. Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Karakter Kreatif | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Arlan Fairuz | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
View Item |