PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KARAKTER KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

Murta Sati, Anggun (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KARAKTER KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
ANGGUN MURTA SATI_NIM 1911240209.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model Pembelajaran Mind Mapping terhadap karakter kreatif siswa pada mata pelajaran PKn dengan materi lambang Negara “Garuda Pancasila” pada siswa kelas III. Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan yang masih rendahnya karakter kreatif siswa pada pelajaran PKn di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Hal ini diduga karena pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami dan mempelajari sesuatu yang asing dan baru terutama dalam pembelajaran PKn yang memiliki materi yang luas dan perlu penghafalan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap karakter kreatif siswa, setrategi yang digunakan guru dirasa kurang tepat sehingga materi yang diberikan tidak dapat tersampaikan dengan baik. Atas pertimbangan peneliti terdorong untuk menelitinya dengan rumusan masalah : apakah terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap karakter kreatif siswa kelas III di SD 32 Kota Bengkulu?. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah experiment dengan metode Quasi Experimen.populasi dalam penelitian ini adalah kelas III di SD 32 kota Bengkulu, yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah kelas III A sebagai kelas experiment dan III B sbagai kelas control. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi dengan teknik pengolaan dengan teknik pengolaan data uju validasi, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan hipotesis menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap karakter Kreatif siswa Pada Mata Pelajaran PKn di kelas III di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil skor angket siswa kelas III A ratarata 67.5833 dan hasil skor kelas III B 61.0400 dapat dibuktikan terdapat perbedaan hasil kreatifitas antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Berdasarkan hasil uji t terhadap dua kelompok ????ℎ????????????????????= 3.058. Dengan dk = ????1 vi + ????2 – 2 =2.012. ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? (3.058 > 2.012) dengan berarti hipotesis ( Ha) penelitian ini diterima, siswa kelompok experiment lebih dari pada kelompok control.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel19761224003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Adisel, M. Pd Pembimbing II : Masrifa Hidayani, S. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Karakter Kreatif
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:08
Last Modified: 18 Oct 2023 08:08
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item