MANINGSIH, SETRA RAHAYU (2023) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (650kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
SENTRA RAHAYU MANINGSIH_1911210100.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merupakan dokumen perencanaan yang berisi tentang tujuan, isi materi, dan pengalaman belajar yang harus dicapai siswa. Struktur kurikulum mengacu pada struktur sekolah dasar pada umumnya. Penelitian ini berfokus pada Penerapan kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 74 Kota Bengkulu dengan tujuan mengetahui proses Penerapan kurikulum Merdeka, faktor pendukung, dan faktor penghambat dari kurikulum Merdeka. Penelitian dilaksanakan pada Juli-Agustus 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif lapangan. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data diolah menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil yang Diperoleh dari 1)Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 74 Kota Bengkulu, yaitu: Adanya perkembangan kompetensi siswa melalui pembelajaran yang Fleksibel, Pencapaian Tujuan Pembelajaran melalui penanaman Profil Pelajar Pancasila yang juga mulai berkembang.2) Faktor pendukung dalam Penerapan kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ini meliputi tenaga pendidik yang didukung oleh sosialisasi kurikulum Merdeka, peran orang tua yang memperhatikan perkembangan siswa dalam belajar, serta sarana prasarana yang mendukung proses belajar siswa. Sedangkan Faktor penghambat dalam Penerapan kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi peran orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan belajar siswa, tenaga pendidik yang masih menggunakan mindset lama dan terkesasn tidak ingin tahu perkembangan belajar siswa, serta siswa yang masih enggan untuk mengikuti proses pembelajaran disekolah karena dipengaruhi oleh klasifikasinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Dr. Azizah Aryati, M. Ag Pembimbing II:Abdul Aziz Mustamin, M.Pd.I | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:26 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2346 |
Actions (login required)
View Item |