Mulyani, Dinda (2023) STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA DAN K.H. AHMAD DAHLAN TENTANG EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (Skripsi)
1911210162 FTT PAI DINDA MULYANI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pendidikan Islam dari pemikiran Hasan al-Banna dan Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis /library research. Data dan informasi yang di himpun dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam evaluasi Hasan al-Banna yang terfokus pada sikap individu. Dimana yang menjadi poin penting dalam evaluasi menurut Hasan al-Banna yaitu agar peserta didik memiliki sifat kejujuran. Sedangkan Ahmad Dahlan menginginkan agar peserta didik menjadi individu yang sempurna dalam (ilmu agama dan ilmu umum, spiritual dan material serta dunia dan akhirat). Adapun yang dapat dilihat dari persamaan pemikiran kedua tokoh tersebut tentang evaluasi pendidikan di antaranya pemikiranya sama-sama didominasi oleh aspek afektif dan sama-sama mendasarkan pemikiranya pada dalil-dalil Al-Qur’an beserta Hadis, dan sama-sama mensyaratkan kepada guru untuk memiliki sifat ikhlas dalam mengajar. Kata kunci: komparasi, pemikiran Hasan al-Banna, Pemikiran Ahmad Dahlan, Evaluasi Pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Bapak Dr. Mawardi Lubis, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Dian Jelita, M.Pd selaku Pembimbing II | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: komparasi, pemikiran Hasan al-Banna, Pemikiran Ahmad Dahlan, Evaluasi Pendidikan Islam | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2023 01:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2023 01:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
View Item |