Safitri, Vinna Oktavia (2024) IMPLEMENTASI PELAYANAN JAMA’AH HAJI DAN UMRAH DITINJAU DARI ETIKA BISNIS (Study di PT. Bahana Sukses Sejahtera Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (370kB) |
|
Text
VINA OKTAVIA SAFITRI_1911330006.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dengan banyaknya lembaga penyelenggara ibadah haji dan umrah yang mengklaim bahwa lembaga tersebut mempunyai kualitas pelayanan yang prima. Bahkan ada yang memberikan beberapa bukti agar konsumen percaya terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh biro perjalanan haji dan umrah. Namun kenyataannya banyak dijumpai jama‟ah yang terlantar bahkan tidak jadi berangkat haji dan umrah karena kelalaian dari pelayanan yang diberikan oleh biro-biro yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu diperlukanlah manajemen pelayanan yang baik dan benar dalam suatu lembaga biro perjalanan haji dan umrah. Sebab itu penulis ingin meneliti lebih jauh tentang pelayanan haji dan umrah. Dimana penulis menggunakan objek penelitiannya PT. Bahana Sukses Sejahtera Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pelayanan jamaah ditinjau dari etika bisnis islam di PT. Bahana Sukses Sejahtera Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendakatan kualitatif deskriptif, Penelitian kualitatif deskriptif ialah studi yang mendiskripsikan atau menjabarkan situasi dalam bentuk transkip dalam wawancara, dokumen tertulis, yang tidak dijelaskan melalui angka. Data dalam penelitian berupa data-data kualitatif yang berupa data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik induktif untuk mengetahui jawaban atas pokok permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan merespon keinginan para pelanggannya dengan memberikan pelayanan yang baik dan profesional agar jama‟ah haji bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar, tertib, aman, dan nyaman. PT. Bahana Sukses Sejahtera Bengkulu mempunyai kemauan yang kuat dan terus x menerus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan peningkatan kinerja karyawan dengan pelatihan-pelatihan, menanyakan keluhan kepada jama‟ahnya langsung, menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan pelanggan dan instansi terkait, adanya komunikasi antara pimpinan dan karyawan, serta perbaikan sarana prasarana yang ada di perusahaan. Dengan adanya usaha –usaha tersebut diharapkan bisa memberikan pelayanan yang baik dan profesional serta bisa memenuhi kepuasan para pelanggannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Ashadi Cahyadi, MA Pembimbing II: M. Nikman Naser, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pelayanan, Etika Bisnis, Haji dan Umroh | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Manajemen Dakwah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2579 |
Actions (login required)
View Item |