HUBUNGAN ANTARA STRATEGI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN PADA SISWA KELAS IX DI MTsN 1 KOTA BENGKULU

Pirman, Asep (2023) HUBUNGAN ANTARA STRATEGI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN PADA SISWA KELAS IX DI MTsN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1811290037 ASEP PIRMAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Asep Pirman, NIM: 1811290037, judul skripsi “Hubungan Antara Strategi Membaca dengan Kemampuan Memahami Teks Bacaan pada Siswa Kelas IX DI MTsN 1 Kota Bengkulu”. Skripsi Studi Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Pembimbing I: Dr. H. Ali Akbarjono, S.Hum., S.Ag., M.Pd, Pembimbing II: Wenny Aulia Sari, M.Pd. Tujuan utama dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui hubungan antara strategi membaca dengan kemampuan memahami teks bacaan pada siswa kelas IX di MTsN 1 kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode stastistik korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, tes esai yang sampelnya berjumlah 32 sampel, analisis product moment. Dari kegaiatan penelitian maka diperoleh hasil penelitian yang perhitungannya dengan SPSS V.22, yang kemudian didapatkan 9,674 dengan 2,042, yang dimana variabel strategi membaca dikategorikan kedalam tingkatan sedang dengan peresentase 62,5% dan variabel kemampuan memahami teks bacaan dikategorikan kedalam tingkatan sedang dengan peresentase 56,25%. Maka dari perhitungan hasil strategi membaca dengan kemampuan memahami teks bacaan didapatkan nilai sebesar 0,870, pada tabel interprestasi nilai “r” termasuk kedalam kategori tinggi, setelah selesai dilakukan analisis product moment kemudaian selanjutnya dilakukan uji t untuk mengetahi tingkat signifikansi korelasinya. Dari perhitungan uji t diperoleh 9,674 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai 2,042. Oleh karena > yaitu 9,674 > 2,042 maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil analisis secara signifikan terdapat hubungan antara strategi membaca dengan kemampuan memahami teks bacaan pada siswa di MTsN 1 kota Bengkulu. Kata Kunci: Hubungan, strategi membaca, kemampuan memahami teks bacaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Wenny Aulia2014068801UNSPECIFIED
Additional Information: Dr. H. Ali Akbarjono M.Pd Pembimbing I u Wenny Aulia Sari, M.Pd.I Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hubungan, strategi membaca, kemampuan memahami teks bacaan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:40
Last Modified: 12 Jun 2023 02:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item