KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MORAL DAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU

KHOFIFAH, NURUL (2024) KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MORAL DAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
NURUL KHOFIFAH__2111540051.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1.Bagaimana kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam perancangan pembelajaran pada penerapan merdeka belajar. 2.Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada penerapan merdeka belajar. 3.Bagaimana evaluasi kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada penerapan merdeka belajar terhadap moral dan akhlak peserta didik kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi : Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dan Peserta Didik kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Teknik analisa data menggunakan Teknik Analisis Naratif yang dilakukan dengan mengumpulkan data deskripsi peristiwa atau kejadian dan kemudian menyusunnnya menjadi cerita dengan menggunakan alur cerita. Hasil penelitian tesis ini adalah : 1.Kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam perancangan pembelajaran pada penerapan merdeka belajar sudah terlaksana dengan baik dengan diadakannya pelatihan mengenai kurikulum merdeka belajar itu seperti apa, apa saja bagian-bagian pada kurikulum merdeka belajar dan bagaimana materi yang akan diberikan itu dapat mengandung pesan moral dan akhlak bagi peserta didik. 2.Pelaksanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam pada penerapan merdeka belajar pada penelitian yang telah peneliti temu bahwa dalam pelaksanaan pembelajarannya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan apa yang telah dirancang pada modul ajar, namun masih terbatasnya buku paket dan LKS yang dimilik peserta didik pada minggu pertama semester dua tahun ajaran 2023/2024 sehingga guru Pendidikan Agama Islam harus menyiapkan bahan ajar lain sebagai penunjang buku paket dan LKS yang belum lengkap. 3.Evaluasi kinerja guru pendidikan agama Islam pada penerapan merdeka belajar terhadap moral dan akhlak peserta didik kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu telah terlaksana dengan baik, guru menyiapkan lembar evaluasi bagi peserta didik untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka mengenai materi yang telah diberikan dan bagi guru untuk melihat bagaimana kinerja yang telah disusunnya mengenai pembelajaran tersampaikan dengan baik atau masih kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, NurlailiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorDewi, Desy Eka CitraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: 1. Dr. Nurlaili, S.Ag., M.Pd.I 2. Dr. Desy Eka Citra Dewi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: : Kinerja, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:40
Last Modified: 09 Jul 2024 03:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item View Item