Putri, Ririn Dwi (2024) KEGIATAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK MELATI DESA LUBUK PUDING BARU KECAMATAN ULU MUSI KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (616kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (656kB) |
|
Text
RIRIN DWI PUTRI_1811250042_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran Beyond Centre and Circle Time (BCCT) dalam rangka Mengembangkan kognitif Anak Usia Dini di TK Melati Desa Lubuk Puding Baru Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang, 2) untuk mendeskripsikan kendala dalam penerapan kegiatan pembelajaran Beyond Centre and Circle Time (BCCT) terhadap Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini di TK Melati Desa Lubuk Puding Baru Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang, dan 3)untuk mendeskripsikan upaya untuk mengatasi masalah pada perkembangan kognitif anak melalui pembelajaran kegiatan pembelajaran Beyond Centre and Circle Time (BCCT) di TK Melati Desa Lubuk Puding Baru Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Informan yang dipilih dalam proses penelitian ini yaitu 1kepala sekolah dan 3 orang guru kelas B2. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa 1) pembelajaran sentra balok mampu meningkatkan kognitif anak. Perkembangan kognitif siswa TK Melati setelah diterapkan pembelajaran sentra balok yaitu anak mampu berpikir dalam mengenali, mengetahui, memahami, dan menalar tentang fungsi alat-alat atau media yang digunakan dalam pembelajaran, 2)kendala yang dialami dalam penerapan pembelajaran sentra balok yaitu kekurangan sarana dan prasarana yang tidak sesuai dengan rasio atau jumlah anak, TK Melati kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran sentra dan guru-guru memiliki kekurangan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran sentra, DAN 3)upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala pembelajaran sentra yaitu melakukan perencanaan untuk membina dan melakukan pelatihan kepada guru tentang penggunaan pembelajaran sentra, mengadakan diskusi/shering bersama antara guru-guru, bidang kurikulum, kepala sekolah dan dengan elemen-elemen yang terakait tentang pembelajaran sentra, dan menambah fasilitas yang lengkap untuk menunjang pembelajaran sentra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Aziza Aryati, S.Ag., M.Ag, M.Pd., Pembimbing 2. Ixsir Eliya, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Beyond Center And Circle Time, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 03:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:20 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3071 |
Actions (login required)
View Item |