STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Safitri, Nur (2024) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (894kB)
[img] Text
NUR SAFITRI_NIM 2011240008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Strategi menjadi hal penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penguatan dimensi kebinekaan global yang tercantum dalam pengutan profil pelajar pancasila harus diperhatikan untuk mempertahankan identitas negara serta mencegah perpecahan akibat tidak adanya rasa intoleransi. Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan karakter kebinekaan global melalui pembelajaran pendidikan pancasila. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan waancara. Kemudian peneliti menganalisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif oleh Miles dan Huberman. Dan dilanjutkan pengujian keabsahan data dengan Trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menumbuhkan karakter kebinekaan global melalui pembelajaran pendidikan pancasila dikelas VA SDN 76 kota Bengkulu adalah keteladanan/contoh, kegiatan spontan, teguran, pengondisian lingkungan dan kegiatan rutin. Selain itu guru juga menumbuhkan karakter kebinekaan global dengan mengaitkan nilainilai pancasila dengan kehidupan sehari-hari, pendekatan yang guru lakukan untuk menegur ataupun mengjarkan anak tentang toleransi sangatlah baik sehingga anak mersa nyaman, senang, dan tidak mersa dihakimi atau disudutkan ketika melakukan kesalahan. Penelitian memberikan pedoman dan acuan untuk lembaga pendidikan agar lebih meningkatkan profesionalitas guru, sehingga guru dapat terus mengembangkan strateginya dalam menumbuhkan karakter peserta didik dan generasi penerus bangsa yang mempunyai nilai moral tinggi serta menjunjung tinggi rasa kebinekaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Aziza Aryati, M.Ag Pembimbing II: Dr. Nova Asvio M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kebinekaan Global, Pendidikan Pancasila
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:36
Last Modified: 17 Jul 2024 04:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item