PERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS PASCA TATAP MUKA TERBATAS DI SD NEGERI 96 BENGKULU SELATAN

Lestari,, Tita Harum (2023) PERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS PASCA TATAP MUKA TERBATAS DI SD NEGERI 96 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240134 FTT PGMI Tita Harum Lestari.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran tatap muka terbatas menciptakan persepsi yang berbeda-beda di kalangan guru SD Negeri 96 Bengkulu Selatan. Ditandai dengan persepsi guru seperti siswa kurang aktif, kurang interaksi, kurang konsisten dalam menyerap materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru dalam pembelajaran di kelas pasca tatap muka terbatas, dan kondisi siswa belajar di kelas dengan waktu yang dibatasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sumber penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaan di kelas pasca tatap muka terbatas lebih baik dari pada pembelajaran tatap muka terbatas yang menggunakan waktu singkat. Pasca tatap muka terbatas waktu dalam proses pembelajaran kembali menjadi normal. Hal ini menjadikan guru dapat menyampaikan materi dengan baik. Interaksi guru dengan siswa tidak lagi dibatasi kemudian saat proses belajar dapat berjalan dengan baik tidak tergesa-gesa. Pembelajaran pasca tatap muka terbatas lebih efektif dan efesien dari pembelajaran tatap muka terbatas. Persepsi guru terhadap kondisi siswa belajar di kelas dengan waktu terbatas. Kondisi siswa kurang aktif serta kurangnya interaksi. Kurangnya konsenterasi siswa dalam menyerap materi yang di sampaikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang pembelajaran pasca tatap muka terbatas lebih efektif dan efisien. Sehingga dapat disarankan untuk mendapatkan pembelajaran yang baik, maka lakukan pembelajaran secara langsung dan tatap muka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRiswanto, Riswanto19720410199031004UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosiin, Khosiin198807102019031004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Riswanto, Ph,D Pembimbing II: Khosi‟in, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Pembelajaran Di Kelas Pasca Tatap Muka Terbatas
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:48
Last Modified: 13 Jun 2023 02:48
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item