satriani, meta (2024) PERAN GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA KELAS IV DI SDN 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text
Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (505kB) |
|
Text
META SATRIANI_1911240086.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan perilaku siswa di kelas IV SDN 66 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat guru kelas dalam pembentukan perilaku siswa di kelas IV SDN 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel informan dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar kelas IV sebanyak 5 orang, kepala sekolah SDN 66 kota Bengkulu sebanyak 1 orang, dan siswa kelas IV SDN 66 kota Bengkulu dengan jumlah sebanyak 5 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan uji analisis dengan beberapa langkah yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peran guru kelas dalam pembentukan perilaku siswa di kelas IV SDN 66 kota Bengkulu, kecuali pada poin sebagai pendidik yang dianggap kurang maksimal, sedangkan pada poin sebagai pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih dan evaluasi telah dilaksanakan semaksimal mungkin. Dan selanjutnya juga ditemukan adanya beberapa faktor-faktor yang menghambat guru kelas dalam pembentukan perilaku siswa di kelas IV SDN 66 kota Bengkulu, adapun factor-faktor tersebut yaitu, faktor kepribadian siswa, faktor keterbatasan guru dalam x mendisiplinkan siswa, faktor penggunaan sosial media, dan faktor pergaulan siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya peran guru dalam pembentukan perilaku siswa di kelas IV SDN 66 Kota Bengkulu dan juga ditemukan adanya beberapa faktor�faktor yang menghambat guru kelas dalam pembentukan perilaku siswa di kelas IV SDN 66 kota Bengkulu. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini bahwa peran guru kelas sangat berperan penting dalam pembentukan perilaku siswa kelas IV di SDN 66 kota Bengkulu. Sehingga semakin bagus peran guru kelas maka semakin bagus juga perilaku siswa di SDN 66 kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | 1.Salamah, S. E., M. Pd 2.Masrifa Hidayani, S. Ag, M. Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Kelas, Pembentukan Perilaku Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3116 |
Actions (login required)
View Item |