EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP N 14 KOTA BENGKULU

Nadiyah, Suci Dwi (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP N 14 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (579kB)
[img] Text
SUCI DWI NADIYAH_201121004.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan sebuah media online yang terkait dalam jejaring internet yang membuat pengguna bisa berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain, dimana saja dan kapan saja serta membentuk ikatan sosial secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) jenis media sosial yang sering digunakan siswa SMP N 14 Bengkulu, 2) penggunaan media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP N 14 Bengkulu, 3) sejauh mana efektivitas penerapan media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP N 14 Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah field research penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan, teknik menganalisisnya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya 1) jenis-jenis media sosial yang sering digunakan siswa SMP N 14 Bengkulu seperti TikTok, WhatsApp, dan YouTube, 2) penggunaan media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam biasanya menggunakan YouTube, YouTube sangat membantu terutama dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang membutuhkan praktik, seperti tata cara shalat dengan adanya gambar gerakan serta suara, sehingga memudahkan mereka untuk memahami Pelajaran, 3) sejauh mana efektivitas penerapan media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti YouTube sudah cukup efektif dan tepat digunakan dalam pencapaian pembelajaran yang sesuai xix harapan. Suasana kelas menjadi lebih kondusif dan sikap sikap siswa pun menjadi berubah menjadi senang, tidak bosan, semangat dan antusias dalam proses pembelajaran serta perhatian siswa terpusat kepada topik yang dibahas dalam pembelajaran dan membangkitkan pemahaman siswa yang tertuang dalam nilai hasil ulangan harian, serta siswa sudah mampu menyebutkan serta mencontohkan kembali pembelajaran dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGivarsi, Givarsi199108222019032006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. H. Ali Akbar Jono, S. Ag, S.Hum, M.Pd. Pembimbing 2 : Giyarsi, S.Sy, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:14
Last Modified: 18 Jul 2024 03:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3159

Actions (login required)

View Item View Item